Lihat ke Halaman Asli

Riska AmaliaSofiana

universitas Muhammadiyah malang

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Branding UMKM Kaos Sablon Malang

Diperbarui: 5 Januari 2023   02:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN BRANDING
UMKM  KAOS SABLON MALANG

Sablon kaos merupakan usaha yang paling menarik untuk saat ini,mengingat kaos akan selalu dicari dan dibeli oleh masyarakat. Kaos adalah salah satu jenis pakaian yang tidak habis termakan zaman. Jika didunia fashion terdapat mode tahunan yang berubah-ubah dari segi corak dan bentuk pakaian dibuat, hal tersebut tidak mempengaruhi keberadaan dari kaos. Sehingga sampai kapanpun kaos masih memiliki pembeli tetap. Jaminan adanya pasar pembeli yang jelas dari penjualan bisnis kaos ini yang kemudian membuat peluang untuk membuka usaha dalam bidang sablon kaos pun tidak pernah mati.
Sablon kaos adalah teknik mencetak gambar, foto, karikatur,dan berbagai hasi desain lainnya ke permukaan kaos. Artinya inti dari pembuatan kaos selanjutnya selain memikirkan bahan adalah desain yang akan disablon ini. Karena pentingnya peran sablon dalam pembuatan kaos, maka banyak sekali bisnis sablon manual untuk kaos bermunculan dan saling bersaing.
Dalam hal ini kami mahasiswa Sosiologi UMM melakukan kegiatan pemberdayaan mayarakat terkhusus nya pada pelaku UMKM kaos sablon kota Malang. Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini oleh kelompok 11 yang beranggotakan 4 orang yang memberikan pelatihan promosi melalui digital platform yaitu sperti Shopee, Tokopedia, Instagram, dan Tiktok Shop. Sebagai kontribusi dari pihak persablonankami juga diberikan kesempatan untuk mendapatkan praktik langsung untuk menyablon kaos tersebut.

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Pada kegiatan  pemberdayaan  masyarakat khususnya pada pelaku umkm  sablon kaos di Kota Malang yang memliki tujuan untuk membantu penjualan produk yang di miliki toko SABLON.AND dengan cara mempromosikan melalui media sosial (olshop).Dalam pelaksanan kegiatan pemberdayaan masyarakat ini dilaksanakan dari tanggal 16 November hingga 4 Desember 2022.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline