Lihat ke Halaman Asli

Riska Putri

Mahasiswa

Penerapan Model Pembelajaraan Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Teks Eksplanasi dengan Aspek Menulis

Diperbarui: 10 Juli 2024   12:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Model Pembelajaraan Problem Based Learning adalah sebuah model pembelajaran yang mengutamakan keaktifan siswa dan berkaitan dengan permasalahan autentik/nyata di kehidupan mereka.

Dalam penerapannya ada beberapa tahapan :

1. pendahuluan, hal ini berkaitan dengan membuka kelas, menanyakan kabar, ice breaking, dan memberikan pertanyaan-pertanyaan pemantik.

2. Penetapan tujuan pembelajaran, hal ini bertujuan agar siswa tahu evaluasi atau akhir yang akan didapatkan berupa apa. 

3. Penjelasan Materi Teks Eksplanasi, meliputi pengertian, struktur teks eksplanasi, dan ciri kebahasaannya.

4. Identifikasi Masalah, guru memperkenalkan masalah yang relevan dan bermakna. Masalah ini harus kompleks dan menantang, sehingga mendorong siswa untuk berpikir kritis.

5. Pengelompokan Siswa, Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan dan mengeksplorasi masalah tersebut. Kelompok ini berfungsi sebagai tim kolaboratif untuk mengidentifikasi aspek-aspek kunci dari masalah.

6. Guru membimbing dan mengarahkan pada saat diskusi atau sebagai fasilitator.

7. Pengembangan Solusi, siswa menulis teks eksplanasi dari hasil diskusi terkait fenomena tersebut.

8. Hasil karya dikumpulkan, sebagai media penilaian guru terhadap siswa.

9. Refleksi Akhir, siswa melakukan refleksi akhir tentang proses pembelajaran. Mereka mengevaluasi apa yang telah dipelajari tentang teks eksplanasi dan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan ini di masa depan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline