Lihat ke Halaman Asli

Riska Rina Kaloko

Sedang Berkelana

Kepada Sosok itu, Terima Kasih

Diperbarui: 30 Juni 2018   17:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bermula dari 12 tahun yang lalu, aku mengenal sosok pria yang unik dan sulit didefenisikan. Orang-orang sulit bergaul dengannya, termasuk aku juga, tapi sekarang aku mengerti mengapa dia berbeda dan mulai bisa menjadi temannya, meskipun baru 6 tahun terakhir kami berteman setelah 12 tahun kami saling mengenal. 

Pria Itu sangat menarik, dia sekelas denganku sejak kelas 7 hingga kelas 12. Pertama kali aku membaca tulisannya ketika kami duduk di kelas 11, waktu itu dia menulis sebuah drama sederhana namun menurutku sekalipun sederhana drama itu sangat cerdas karena dia mampu menulisnya dengan baik dan diperankan diperayaan natal SMA kami. 

Sejak hari itu, aku mulai suka membaca setiap tulisannya, bahkan termasuk status yang dia update di facebook-nya juga aku sangat menyukai.  

Pada saat di bangku kuliah, kami pun berpisah. Dia memilih mengambil jurusan ekonomi setelah mengalami pergulatan dengan nurani sendiri dan juga dengan keluarga dikala muncul niat untuk mengambil jurusan sastra. 

Awalnya dia mau mengembangkan kemampuannya, tapi ada sesuatu hal yang ada dalam pikirannya yang membuat dia ragu menekuni bidang itu. Perbincangan pertemanan kami dimulai ketika kami sudah memasuki bangku perkuliahan, meskipun berbeda universitas kami memutuskan akhirnya menjadi teman. 

Hal itu bermula ketika aku berani mengakui kalau aku mengangumi tulisan-tulisannya. Dan perbincangan kamipun semakin akrab, sampai suatu hari dia mengatakan hal ini padaku,

"Jadi penulis adalah pilihan yang berat, Ris." begitu katanya.

Rasa penasaranku pun membuatku bertanya mengapa bisa menjadi hal berat baginya. Katanya kemudian,

"Yaa, penulis ya begitu, mereka itu susah mendapatkan ketenangan, selalu punya pikiran, ide, gagasan yang bergejolak dalam pikirannya yang apabila tidak dituangkan bisa bahaya Ris, aku tidak siap dengan resiko itu, termasuk keluarga ku juga, itulah mengapa aku memilih jurusan ekonomi. Selain itu, aku juga tidak yakin dengan kehidupan yang akan kujalani nantinya." tegasnya padaku.

Aku menghargai pemikirannya dan membiarkan dia dengan kebebasan menjadi seperti pilihannya, sekalipun itu hal yang sangat disayangkan.

Tapi aku tidak pernah melihat dia berhenti untuk menulis, sekalipun dia berada di jurusan ekonomi, tapi bakat menulisnya tak pernah berhenti. Bahkan, ia mulai mendapatkan banyak keuntungan dari menulis. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline