Lihat ke Halaman Asli

Implementasi Website sebagai Media Komunikasi Pemasaran pada Desa Wisata Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung

Diperbarui: 2 Juli 2024   16:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelatihan Implementasi Website/dok. pri

Pada hari Kamis, 13 Juni 2024 telah dilaksanakan kegiatan Pengabidan kepada Masyarakat oleh Dosen Program Studi D3 Perhotelan, Program Studi D3 Manajemen Pemasaran dan Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi, Telkom University Bandung yang diketuai oleh Dr. Bethani Suryawardani., MM di Desa Bumiwangi, Ciparay , dengan tema "Implementasi Website sebagai Media Komunikasi Pemasaran pada Desa Wisata Bumiwangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung". Pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung selama dua kali bertempat di Kantor Kepala Desa Bumiwangi Jl. Karang Tinggal No.33, Bumiwangi, Kec. Ciparay, Kabupaten Bandung.

Pengabdian masyarakat ini mendukung program SDGs (Sustainable Development Goals) nomor 8 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Adapun tujuan SDGs nomor 8 tersebut adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan eksklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, serta pekerjaan yang layak untuk semua. Dimana pada poin target 8.2 mencapai tingkat produktivitas ekonomi yang lebih tinggi, melalui diversifikasi, peningkatan dan inovasi teknologi, termasuk melalui fokus pada sektor yang memberi nilai tambah tinggi dan padat karya.

Pelatihan Implementasi Sosial Media/dok. pri

Diskusi dengan perangkat desa terkait/dok. pri

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diawali dengan menggali potensi Desa Wisata Bumiwangi, mengumpulkan dokumentasi potensi dan atraksi desa, workshop serta pendampingan terkait digital promotion strategy bagi pengelola kawasan wisata Bumiwangi dan implementasi website sebagai tools komunikasi pemasaran yang digunakan sebagai sumber informasi dan promosi desa wisata Bumiwangi.

Kegiatan ini dapat dikategorikan berhasil karena 100% peserta mengalami peningkatan pengetahuan mengenai digital promotion strategy, selain itu, kegiatan ini juga memberikan peningkatan keterampilan kepada peserta dalam mengoperasionalkan website sebagai media komunikasi desa wisata. Diharapkan pelatihan tentang digitalisasi dan pemanfaatan teknologi dapat dilakukan secara berkelanjutan di Desa Wisata Bumiwangi, agar dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam mengoptimalkan media digital sebagai sarana promosi desa wisata.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline