Lihat ke Halaman Asli

Riska Lujeng Fitrianti

Riska Lujeng Fitrianti / 181510601051 / Fakultas Pertanian

KKN Unej Dampingi Siswa SD dalam Upaya Peningkatan Kemahiran dan Kegemaran Membaca

Diperbarui: 4 September 2021   00:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sasaran KKN Back to Village III

 

Kantor Desa Kraton

Desa Kraton merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember.  Desa Kraton memiliki luas wilayah sebesar 9,63 km2 dengan ketinggian wilayah 90 mdpl. Jumlah penduduk yang ada di Desa Kraton ialah 9.891 jiwa dengan jumlah penduduk laki -- laki sebanyak 4.838 dan penduduk perempuan sebanyak 6.068 jiwa. Desa Kraton terdiri dari 4 dusun, yakni Dusun Krajan, Dusun Muneng, Dusun Sidonganti, serta Dusun Kedunglangkap. Desa Kraton memiliki batas wilayah yang diantaranya bagian utara berbatasan dengan Desa Kencong, bagian selatan berbatasan dengan Desa Kepanjen, bagian timur berbatasan dengan Desa Wonorejo dan Desa Mayangan, dan bagian barat berbatasan dengan wilayah Kecamatan Jombang. Mayoritas masyarakat di Desa Kraton bermata pencaharian sebagai petani. Komoditas unggulan dari Desa Kraton ialah padi. Kondisi iklim dan cuaca serta kondisi lahan yang mendukung menjadi potensi bagi kegiatan pertanian.

Fasilitas sarana dan prasarana yang ada di Desa Kraton relatif baik dan dapat diakses oleh masyarakat. Fasilitas yang ada di Desa Kraton ialah untuk fasilitas kesehatan ada posyandu, pustu (puskesmas pembantu), dokter dan juga bidan yang kompeten, untuk fasilitas olaharaga yang ada ialah lapangan olahraga voli, tenis meja, bulutangkis, sepakbola, bilyard, dan pencak silat, sedangkan tempat ibadah yang ada terdapat Mushola dan Masjid, hal ini dikarenakan mayoritas masyarakat yang tinggal di Desa Kraton menganut Agama Islam, serta fasilitas pendidikan yang ada cukup lengkap di berbagai strata pendidikan, mulai dari PAUD hingga SMK dengan tenaga pengajar yang kompeten dalam bidangnya.

Pada masa pandemi Covid-19 ini menyebabkan banyak perubahan yang terjadi, termasuk di sektor pendidikan. Demi mengurangi penyebaran virus penyebab Covid-19 pemerintah mengeluarkan kebijakan belajar dari rumah, kebijakan ini tentu menimbulkan dampak positif dan juga negatif terutama bagi siswa yang menempuh pendidikan dasar. Sekolah dasar merupakan tempat dimana siswa diajarkan mengenai ilmu -- ilmu dasar, akan tetapi dengan adanya kebijakan ini cukup banyak siswa yang tidak mampu menerima ilmu tersebut dengan maksimal.

Kondisi Belajar Anak - Anak

Anak -- anak sering kali merasa kebingungan mengenai materi -- materi yang diajarkan, para orangtua juga tidak jarang ikut bingung dikarenakan kurikulum yang berbeda dibandingkan dengan pada saat mereka masih sekolah. Kedua orangtua siswa juga tidak sedikit yang harus bekerja, bahkan tidak sedikit pula siswa yang hanya tinggal bersama dengan neneknya, selain itu siswa juga lebih sering bermain dibandingkan dengan belajar, hal ini tentu menjadi tantangan besar bagi para siswa. Kondisi ini justru membuat kemampuan dan kemauan siswa dalam belajar menurun, bahkan tidak sedikit pula yang masih kesulitan dalam membaca. Latar belakang ekonomi dan pendidikan dari orangtua juga ikut mempengaruhi, mayoritas orangtua siswa di Desa Kraton hanya tamatan SD dan keduanya harus bekerja. Oleh karena itu, saya Riska Lujeng Fitrianti melalui program KKN Back to Village III yang diadakan oleh Universitas Jember tertarik untuk membantu anak -- anak SD yang ada di Desa Kraton untuk meningkatkan kemampuan dan kemauan dalam membaca melalui kegiatan fun learning agar anak -- anak tidak mudah bosan.

Kegiatan KKN Back to Village III di Desa Kraton akan dilaksanakan mulai tanggal 11 Agustus hingga 9 September 2021. Program kerja yang akan dilakukan selama KKN ialah  mendampingi anak -- anak berlatih membaca dan menulis, hal ini dikarenakan salah satu masalahan yang dialami oleh sasaran ialah kurang lancarnya dalam membaca. Program kerja lainnya ialah peminjaman buku -- buku yang menarik serta pengenalan aplikasi membaca, pendampingan belajar materi sekolah, dan nonton bersama animasi edukatif, hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat anak -- anak dalam membaca. Selain program kerja yang telah disebutkan, terdapat program kerja lain yakni pembuatan kerajinan dari sampah plastik, kelas bahasa inggris, dan menggambar, program ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas yang dimiliki oleh anak -- anak.

Terkait program kerja KKN Back to Village III yang akan dilaksanakan di Desa Kraton, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember dapat dilihat pada Model Canvas Pelaksanaan KKN Back to Village III di Desa Kraton serta Roadmap Pelaksanaan KKN Back to Village III di Desa Kraton.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline