Lihat ke Halaman Asli

Risha Perwita

Mahasiswa Sosiologi FIS UNJ

Kegiatan Posyandu Lansia di RW 03 Pinang Ranti, Jakarta Timur

Diperbarui: 18 Mei 2022   01:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu yang dilaksanakan oleh masyarakat sebagai wadah pelayanan untuk warga lanjut usia. Berdasarkan data dari Susenas pada Maret 2020, jumlah warga lanjut usia di Indonesia mencapai 9,92% (26,82 juta jiwa) dan angka tersebut terus bertambah. 

Sejalan dengan semakin naiknya populasi lanjut usia, pemerintah telah mencanangkan berbagai kebijakan pelayanan kesehatan lanjut usia ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kesehatan lanjut usia untuk mencapai masa tua bahagia dan berguna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sesuai dengan keberadaannya.

Program Posyandu Lansia merupakan arahan dari kelurahan dan  melakukan kerjasama dengan Puskesmas setempat untuk pengecekan kesehatan dan pengadaan fasilitas. 

Kegiatan posyandu lansia dijalankan oleh para kader secara sukarelawan dari setiap RT karena biasanya program ini dilaksanakan oleh setiap RW.  Secara umum kegiatan posyandu adalah pemeriksaan kesehatan para lansia, Pemberian Makan Tambahan (PMT), dan kegiatan olahraga ringan.

Untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan posyandu lansia di RW 03 Pinang Ranti Jakarta Timur, penulis bersama anggota kelompok lainnya melakukan wawancara kepada salah satu kader posyandu lansia di RW setempat. 

Pelaksanaan kegiatan posyandu lansia di RW 03 Pinang Ranti Jakarta Timur sudah berlangsung cukup lama, tetapi sempat terhenti akibat Pandemi Covid-19 dan mulai aktif diadakan lagi pada awal tahun 2022.

Kegiatan posyandu lansia dilakukan oleh para kader secara rutin setiap bulan di balai rakyat seperti posyandu balita pada umumnya. Dalam pelaksanaannya, kegiatan posyandu lansia sudah dirancang oleh kelurahan yang kemudian dilaksanakan di setiap RW dan untuk alat-alat yang diperlukan selama kegiatan didukung oleh puskesmas setempat.

Kegiatan yang dilakukan saat pelaksanaan posyandu lansia di RW 03 Pinang Ranti adalah pemeriksaan kesehatan dengan penimbangan berat badan dan tensi, bagi para lansia yang ingin diperiksa gula darah, kolestrol, dan asam urat akan dikenakan biaya. 

Kegiatan selanjutnya adalah penyuluhan tentang makanan yang sehat dan bergizi bagi para lansia, biasanya para kader akan memberikan contoh makanannya agar mudah ditiru oleh para lansia. Tak hanya itu, biasanya para kader juga memberikan bubur kacang ijo untuk dikonsumsi bersama-sama. 

Dan kegiatan terakhir yang dilakukan adalah senam yang aman bagi para lansia, yang bertujuan agar mereka para lansia memiliki badan tetap bugar dan sehat. Dari semua kegiatan yang dilakukan oleh lansia akan dicatat oleh para kader untuk memantau kesehatan para lansia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline