Lihat ke Halaman Asli

Risha Perwita

Mahasiswa Sosiologi FIS UNJ

Meningkatnya Penggunaan Platform E-Commerce sebagai Upaya Membangkitkan Perekonomian Indonesia

Diperbarui: 15 Maret 2022   22:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

PENDAHULUAN

Awal tahun 2020 dunia dihebohkan oleh menyebarkan wabah virus Corona yang bermula dari China dan kemudian menyebar luas ke seluruh dunia. 

Pada maret 2020 WHO menyatakan Covid-19 sebagai pandemi akibat tingkat penyebarannya yang sangat cepat dan tinggi. Covid-19 sendiri masuk ke Indonesia pada akhir Februari 2020. Semenjak masuknya Covid-19 di Indonesia memberikan banyak dampak negatif bagi banyak sektor kehidupan di masyarakat, mulai dari sektor ekonomi yang menurun, pembangunan yang terhambat, pariwisata, dan lainnya. 

Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid-19 dengan memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat mulai dari PSBB hingga yang terakhir yaitu PPKM. Dari pembatasan kegiatan tersebut menyebabkan perubahan pola hidup setiap individu. 

Salah satu perubahan yang signifikan adalah kegiatan jual-beli dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya pembatasan kegiatan dan karantina membuat masyarakat melakukan jual-beli melalui internet atau web atau yang disebut e-commerce yang kemudian memberikan banyak sekali manfaat bagi perekonomian. 

Kegiatan jual-beli melalui e-commerce juga dianggap lebih mudah dan praktis sehingga banyak masyarakat yang dapat dengan mudah untuk beradaptasi. Dengan melakukan jual-beli lewat e-commerce ini juga dapat membantu pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid-19 dengan kita tetap berada di rumah.

MASALAH

Sudah dua tahun pandemi Covid-19 melanda dunia. Berbagai upaya untuk menghentikan tali penyebaran virus Covid-19 dilakukan pemerintah, namun tetap saja ada berbagai dampak yang tidak dapat dihindari, salah satunya perubahan pola hidup masyarakat. 

Perubahan pola hidup masyarakat dalam berbelanja mengalami perubahan. Adanya kebijakan untuk stay at home membuat masyarakat tidak dapat datang ke pusat perbelanjaan untuk melihat-lihat produk yang ingin dibeli. 

Walaupun demikian, selama pandemi Covid-19 berlangsung, perkembangan teknologi juga terjadi begitu cepat. Perkembangan teknologi tak lagi hanya sebagai penghubung tetapi sudah berkembang sangat pesat hingga bisa membantu kita dalam melakukan berbagai aktifitas dalam belajar hingga melakukan kegiatan perekonomian.

DAMPAK

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline