Lihat ke Halaman Asli

Risdayati

Mahasiswa IAIN Palangka Raya

Analisis CVP (Cost-Volume-Profit): Strategi Sukses UMKM Parcel Snack di Pangkalan Bun

Diperbarui: 28 Mei 2024   10:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

instagram @logosballoon.pbun

Dibuat Oleh: 

Risdayati (2214140002)

Berliana Surya Putri (2214140054)

Taufik Rindra Fajar (2214140073)

Analisis CVP merupakan alat perencanaan dan pengambilan keputusan yang menekankan pada harga jual produk. Untuk mengetahui bagaimana pendapatan, beban dan laba berperilaku ketika volume berubah, analisis biaya volume laba dapat dimulai dengan menentukan titik impas perusahaan (Hansen, Mowen : 2012).

Industri parcel snack di Pangkalan Bun memiliki potensi yang besar, terutama pada momen-momen tertentu seperti Lebaran, Natal, dan Tahun Baru. Dan acara lain nya Untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis ini supaya berkembang lebih besar maka diperlukan analisis yang matang terkait biaya, volume, dan laba.

1. Biaya

Biaya yang perlu di pertimbangkan dalam usaha parcel snack meliputi:

  • Biaya bahan baku: Bahan baku utama parcel snack adalah snack dan keranjang yang dimana harganya dapat bervariasi tergantung jenis bahan dan kualitasnya.
  • Biaya tenaga kerja: Biaya tenaga kerja meliputi gaji karyawan yang membuat parcel tersebut dan biaya lembur
  • Biaya overhead: Biaya overhead yaitu meliputi biaya pengiriman dan biaya lainnya.

Logos Ballon Pangkalan Bun memproduksi dan menjual Parcel Snack dengan berbagai macam ukuran, dan contoh yang kami gunakan adalah contoh dari parcel kecil: 

Dok. pri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline