Lihat ke Halaman Asli

Risdan DwikiHabibi

blog pribadi

Strategi Pemasaran Saat Pandemi Covid-19

Diperbarui: 6 Januari 2021   15:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tahun  2019 adalah tahun terjadinya pandemi covid yang membuat kekacauan di dunia, termasuk Indonesia adalah negara yang terkena dampak dari wabah virus corona (COVID-19). Covid -19 mengakibatkan banyaknya usaha-usaha menengah kebawah sampai menengah keatas mengalami penurunan dalam hal finansial dan tidak sedikit juga yang mengalami kebangkrutan

Di masa pandemi saat ini peranan marketing harus mencari strategi-strategi agar bisa memasarkan produknya agar bisa keluar dari keterpurukan ekonomi.

Strategi yang bisa digunakan pada saat pandemi saat ini adalah ; pertama

1. Empathy

Di masa pandemi ini, berjualan dengan empati akan lebih menarik ketimbang berjualan secara hard selling. Jadi, sebagai sebuah merek juga harus bisa melihat situasi di tengah krisis.

2. Solution

Agar bisa bertahan, setidaknya sebuah merek harus bisa memberikan solusi yang dibutuhkan di tengah pandemi. Seperti misalnya salah satu online learning yang menggratiskan layanannya untuk bisa diakses secara luas.

3. Giving

Masa krisis ini berarti waktunya untuk saling memberi. Misalnya, seperti salah satu merek kosmetik terkenal yang sempat viral karena menyumbang sejumlah dana untuk penanganan Covid-19.

4. Useful

Strategi ini merupakan strategi bagaimana sebuah merek bisa berguna dan bisa menciptakan manfaat sosial (social benefit), bukan hanya bisnis. Contohnya, menggratiskan fitur hiburan selama 7 hari yang berguna bagi masyarakat yang kini tengah membutuhkan hiburan selama berada di rumah aja.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline