Lihat ke Halaman Asli

Risda Putri Indriani

Hai! Panggil saya Risda !

25th One Piece: Animanga Terbaik hingga Saat Ini

Diperbarui: 15 Juni 2022   08:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Straw Hat Pirate/WallpaperUP

Siapa sih yang tidak kenal One Piece? Manga-Anime ini begitu lekat kepada anak 1990-2000an.  One Piece merupakan karya Eichiro Oda, dan karya ini sangat amat terkenal di dunia bersanding dengan Naruto dan Dragon Ball. Berbeda dengan kedua manga yang lebih dulu tamat, One Piece masih bertahan hingga saat ini selama 25 tahun dan animenya sudah lebih dari 1000 episode.

One Piece di Indonesia terkenal sejak ditayangkan di salah satu stasiun TV. Di Indonesia, kepopuleran One Piece masih kalah dibandingkan Naruto. 

Naruto dan One Piece selalu disandingkan dan menjadi rival saat itu. Ketika manga Naruto rilis, maka penjualan manga Naruto selalu di urutan nomor 1, tetapi jika Naruto dan One Piece rilis bersamaan, maka posisi 1 ditempati oleh One Piece, dan Naruto diposisi 2. Dari situ kita bisa paham kekuatan dari One Piece ini. Jadi apa yang menarik dari One Piece? Mari kita bahas berikut ini.

  • Memiliki Pondasi Cerita yang Kuat

Inilah yang menjadi daya tarik One Piece sejak pertama kali muncul. One Piece menceritakan Bajak Laut Luffy si Topi Jerami yang berpetualang mencari peninggalan harta Raja Bajak Laut Gold D. Roger. 

Harta karun yang diperebutkan oleh para bajak laut. Disinilah menariknya, "One Piece" atau "Satu Buah" merupakan kata yang ambigu, tidak jelas satu buah disini merujuk kepada apa. Harta Karun juga bermakna "hal yang penting". 

Jadi, apakah harta karun yang ditinggalkan Roger bukanlah Emas? Atau hal lain yang lebih penting dari emas? Disinilah plot hole kuat yang dibangun. Para fans diminta berpikir dan menemukan petunjuk apa itu "One Piece" sebenarnya. Teori fans inilah yang menjadi alasan mengapa One Piece tetap 'dibicarakan' bahkan hingga 25 tahun.

  • Menyajikan Kisah Persahabatan Bajak Laut yang Baik Hati

Jika di dunia nyata bajak laut dikenal kejam dan suka mencuri harta disuatu pulau, maka Luffy si Topi Jerami adalah bajak laut yang baik hati. Luffy setiap mengunjungi pulau yang mengalami konflik, maka Bajak Laut Topi Jerami lah yang akan membereskan konflik tersebut. Luffy akan sangat marah jika melihat para penduduk menderita. 

Luffy bahkan tidak segan untuk bertarung dengan penguasa pulau untuk membebaskan kesengsaraan penduduk pulau tersebut. Luffy seperti pahlawan yang mengelilingi seluruh dunia untuk membela orang yang tertindas.

Selain itu, Luffy juga dikenal dekat dengan krunya. Saat ini Luffy ditemani oleh 9 teman, yaitu Zoro, Sanji, Ussopp, Nami, Robin, Chopper, Franky, Brook, dan Jinbei. Sebagai seorang kapten, Luffy memiliki karakter yang lucu dan ceroboh, namun dia juga bisa tegas dan beribawa didepan krunya, sehingga semua kru akan menghormati setiap keputusan Luffy. 

Semua kru begitu peduli satu sama lain. Bahkan bajak laut Topi Jerami berani menentang Pemerintah Dunia demi menyelamatkan temannya dari eksekusi mati. Demi bertahan dari kecaman Pemerintah Dunia, kru Bajak Laut Topi Jerami berusaha untuk memperkuat diri mereka sendiri agar tidak menjadi beban dalam kelompok. Itulah semangat dari Bajak Laut Topi Jerami.

  • Plot Hole Abad Kekosongan
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline