Lihat ke Halaman Asli

Risda Putri Indriani

Hai! Panggil saya Risda !

10th Anniversary: Cara JKT48 Bertahan hingga Saat Ini

Diperbarui: 15 Desember 2021   08:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

JKT48 / Wikimedia

JKT48 merupakan idol grup satu-satunya yang masih bertahan sejak jaman munculnya boyband / girlband di tahun 2010-2011. JKT48 mempunyai sister grup dari berbagai negara seperti Jepang (AKB48), Thailand (BNK48), Myanmar (MNL48), dan Filipina (SGO48). Kunci utama dalam bertahannya selama 10 tahun adalah berkat dukungan fans. Fans sangat solid dalam mendukung JKT48 dan member kesukaannya. Dukungan fans hingga saat ini pun karena program yang dijalankan JKT48 membuat hubungan spesial antara member-fans. Berikut ini adalah program yang khas dari JKT48 sehingga bertahan 10 tahun!

1. Adanya Event Handshake

Handshake atau jabat tangan merupakan event yang diselenggarakan setiap rilis single atau album. Event ini membuat fans dapat berkomunikasi dengan member dengan waktu yang ditentukan. Biasanya 1 kupon memiliki waktu 10 detik. Momen ini dimanfaatkan fans untuk memberikan semangat pada member selama di JKT48. Pada saat pandemi, event ini diganti dengan video call. Namun, substansi berkomunikasi dengan fans tetap sama.

2. Memiliki Member yang Beregenerasi

Member yang bergenerasi membuat suatu grup bisa bertahan lama. Setiap tahun, JKT48 membuka audisi untuk pelatihan member-member baru. Regenerasi ini membuat JKT48 dapat mencari bibit-bibit unggul untuk dijadikan center single, penyanyi, penari, aktris, hingga komedian. Bibit unggul ini menjadi daya tarik tersendiri karena mempunyai member yang beragam. Selain itu memiliki banyak member membuat JKT48 dapat konser dimana saja di hari yang sama. Misalnya hari ini tim 1 tampil di TV, tim 2 tampil di Asiafest, dan tim 3 tampil di Teater.

3. Teater yang strategis

Teater JKT48 terdapat di Gedung FX. Teater JKT48 merupakan tempat latihan sekaligus tempat konser bagi member setiap minggu. Di teater inilah member dan fans saling bertemu. Biasanya lagu yag dibawakan berbeda dengan lagu di televisi. Mereka memiliki list lagunya sendiri. Pertunjukkan teater juga sekarang dapat ditonton di secara online, sehingga bisa dapat menjangkau fans luar kota. Pertunjukkan di teater merupakan suatu cara JKT48 bisa bertahan selama 10 tahun walaupun sedang sepi pertunjukkan di televisi.

SSK 2018/Wikimedia

4. Adanya Pemilihan Member untuk Setiap Single

Salah satu daya tarik JKT48 adalah adanya senbatsu sousenkyo (SSK) atau pemilihan umum. Event ini meminta fans untuk melakukan voting kepada member favoritnya untuk menjadi anggota yang membawakan lagu terbaru. Hal ini akan membuat fans untuk membeli tiket voting sebanyak-banyaknya agar member favoritnya menjadi nomor 1 dan menjadi center lagu.

5. Event Request Hour

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline