Lihat ke Halaman Asli

Risca Amilya

Universitas Muhammadiyah Jakarta - Ilmu Komunikasi

Dari Kelas ke Lapangan: Pengalaman Langsung Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta di Perusahaan AirAsia Indonesia

Diperbarui: 2 Juni 2024   18:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Universitas Muhammadiyah Jakarta melakukan company visit untuk para mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi Public Relations, mulai dari semester empat hingga semester enam. Jumlah mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 70 hingga 80 mahasiswa dan diikuti oleh dua dosen yang mengampu mata kuliah Media Relations. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa (21/05/2024) di RedHouse AirAsia Indonesia yang berada di Kota Tangerang, Banten.

 Pada company visit kali ini diharapkan para mahasiswa mendapatkan pengetahuan atau wawasan terbaru mengenai bagaimana cara suatu perusahaan berhubungan dengan media (Public Relations) dan bagaimana perusahaan menangani berbagai isu yang terjadi (Crisis Communication) sehingga nantinya para mahasiswa dengan konsentrasi Public Relations memiliki gambaran atau pemahaman pada dunia kerja di masa yang akan datang.

Beragam aktivitas yang dilakukan para Mahasiswa saat company visit di AirAsia RedHouse Indonesia.  Pada saat awal memasuki gedung, mahasiswa diarahkan untuk menghampiri meja resepsionis untuk mengambil id card sebagai visitor kemudian, memasuki auditorium yang berada di lantai 3. 

whatsapp-image-2024-05-30-at-15-58-54-6658432dc925c472f67d50e2.jpeg

Para mahasiswa disiapkan makanan dan minuman pada meja yang tersedia. Selanjutnya, acara dibuka dengan menayangkan video sambutan dari AirAsia RedHouse yang berisi profile and activity maskapai AirAsia, mulai dari activity cabin crew, destinasi yang menarik hingga kegiatan para teknisi. Adapun materi yang disampaikan saat main session yaitu, materi Corporate Communication oleh Head of Public Relations dan dilanjutkan dengan Company Overview, tips and trick interview oleh Recruiter AirAsia.

whatsapp-image-2024-05-30-at-15-57-27-66584371ed64156a764b8fe3.jpeg

Setelah main session selesai, dilanjut dengan games yang dilakukan oleh team cabin crew. Pada sesi ini, mahasiswa diajak untuk interaktif dengan bermain games yang menarik, mengajukan pertanyaan, dan menjawab quiz yang telah disediakan. Di akhir sesi para mahasiswa mendapatkan reward berupa merchandise AirAsia diantaranya yaitu, miniature pesawat hingga berbagai macam jenis mobil dari AirAsia yang biasa digunakan, baju, buckethead dan goodie bag. Kemudian acara ditutup dengan diadakannya sesi foto bersama dan pemberian plakat, serah terima dilakukan oleh Istisari Bulan Lageni selaku dosen dari Universitas Muhammadiyah Jakarta kepada Head of Public Relations AirAsia.

Input sumber gambar

Agenda di dalam auditorium selesai, para mahasiswa diperbolehkan untuk company tour. Di lantai 6, terdapat sebuah rooftop yang menawarkan pemandangan langsung pesawat saat lepas landas serta deretan pesawat dari berbagai maskapai. Selesainya company tour merupakan agenda terkahir dari visit company yang dilakukan oleh para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta di Perusahaan AirAsia Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline