Lihat ke Halaman Asli

Risang Rimbatmaja

Teman kucing-kucing

Stunting Itu Penting tapi Ga Genting

Diperbarui: 6 Juni 2024   16:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: homecare24.id

Banyak yang salah tangkap dengan judul di atas. Dipikir mengecilkan masalah. Padahal maksudnya bukan begitu.

Seperti umumnya masalah pembangunan, sebelum dipecahkan mesti didudukkan dulu. Salah satunya dari variabel penting/ tak penting & variabel urgen/ tak urgen (genting/ tidak genting).

Masalah tidak penting (tidak berdampak serius) tak perlu diperioritaskan. Tapi stunting jelas penting karena masif dan berdampak besar. Risiko otak minimalis atau kena penyakit tidak menular (kanker, jantung, diabetes dll.) saat dewasa jelas serius.

Tapi apakah urgen? Apakah harus segera dibereskan? Atau lebih tepatnya, apakah bisa dibereskan segera? Ini urusan durasi intervensi. Prosesnya sebentar atau lama?

Di sini persoalannya. Stunting itu kronis. Akibat masalah bertahun-tahun, bertumpuk. Mencegahnya perlu dengan membangun perilaku-perilaku sehat dari dini secara istiqomah alias jangka panjang. Apalagi untuk "mengobatinya".

Remaja putri mesti makan makanan bergizi seimbang. Tapi karena kadung anemia, mereka mesti teratur minum TTD (Tablet Tambah Darah).

Ibu hamil juga mesti makan makanan bergizi seimbang. Bahkan, tambah makanan selingan supaya berat badan naik min 12 kg. Lagi-lagi, karena anemia, minum TTD atau MMS, multivitamin ibu hamil.

Setelah itu, bayi diberi ASI Eksklusif. Saat 6 bulan, MPASI. Orang tua/ pengasuh mesti rajin cuci tangan pakai sabun di 5 waktu penting supaya apa yang sudah dimakan anak tidak terbuang sia-sia gegara diare. Imunisasi dimulai sejak lahir. Kalau tidak, apa yang dimakan habis melawan bibit penyakit yang menginfeksi, bukan untuk pertumbuhan. Dan lain-lain dll.

Karena perilaku jangka panjang, intervensi edukasi atau komunikasi menjadi penting. Tapi edukasi atau komunikasi tidak bisa buru-buru. Tidak bisa dengan menakut-nakuti (intervensi emosi sifatnya sesaat). Tidak bisa dipaksa sehingga tidak rela karena perilaku istiqomah hanya dari kerelaan dan pemahaman kuat. Jadi, orang tua mesti belajar. Agar mau aktif dalam pembelajaran, mereka mesti senang dan percaya pada komunikatornya (tenaga kesehatan atau nakes). 

Jangan memojokkan orang tua. Jangan buat tersinggung. Jangan buat sedih. Sikap mesti apresiatif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline