Lihat ke Halaman Asli

Risalatul Faricha

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Urgensi dan Tantangan Ketahanan Nasional dan Bela Negara bagi Indonesia dalam Membangun Komitmen Kolektif Kebangsaan

Diperbarui: 29 November 2023   10:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Integrasi nasional berasal dari dua kata, yaitu integrasi dan nasional. Integrasi dalam Bahasa Inggris ialah integrate yang memiliki arti menggabungkan dan mempersatukan. Dlam artan, integrase adalah proses untuk menyatu padukan sehingga menjadi kesatuan yang bulat. Semenntara kata naasional yang dalm Bahasa Inggris ialah nation, yang artinya bersifat kebangsaan. Jika digabungkan, maka integrase nasional adalah upaya atau proses untuk menyatukan berbagai unsur atau kelompok sehingga menjadi kesatuan nasional.

Selain itu, definisi lain dari integrasi nasional dapaat dilihat ssecara politis, menyatukan berbagai kelompok social dan budaya di dalam sebuah kesatuan wilayah sehinggga meembentuk suatu identitas nasional. Sedangkan integrase nasional secara antropologis, adalah prooses menyatukan berbagai unsur-unsur kebudayaan di dalam masyarakat untuk membentuk kessejahteraan dan terjadi keserasian di dalam masyarakat.

integrasi adalah pembauran hingga menjadi kesatuan yang utuh atau bulat. Yang berarti, integrasi adalah bagaimana bangsa Indonesia yang penuh dengan keberagaman, mencari sebuah persamaan yang bisa menyelaraskan kita, tanpa perlu menghilangkan identitas lokal yang kita bawa. Integrasi nasional juga menciptakan identitas nasional itu sendiri. Menciptakan bangsa yang selaras, namun tidak harus sama adalah fungsi utama dari integrasi nasional Dalam keberagaman, kita saling memperkaya, perbedaan tersebut adalah identitas, yang apabila kita selaraskan akan menjadi identitas nasional.

Jenis-Jenis integrasi

Integrasi merupakan suatu hal yang dapat terjadi karena adanya sebuah proses yang cukup lama, sehingga banyak orang yang mengatakan bahwa  integrasi tidak terjadi begitu saja. Integrasi yang umumnya dikenal oleh banyak orang terdiri dari rriga jenis, yaitu integrase kebudayaan, integrase social, dan integrase social. Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang jenis-jenis integrasi.

1). Integrasi Kebuyaan

Integrasi keudayaan adalah penyesuaian antara setiap unsur kebudayaan yang berbeda, sehingga bias mencapai suatu kederasian atau kesamaan fungsi yang ada di dalam kehidupan masyarakat. Integrasi atau negara memiliki banyak sekali kebudayaannya didalamnya. Tanpa adanya integrase kebudayaan, kemungkinan akan terjadi konflik yang disebabkan karena tidak ada perilaku saling menghargai dan saling menghormati.

2). Integrasi sosial

Integrasi social adalah penyesuaian antara setiap unsur yang saling berbeda satu sama lain yang ada di dalam kehidupan social masyarakat, sehingga bisa menciptakan sebuah pola kehidupan yang sama dan damai bagi masyarakat itu sendiri. Integrasi social ini sebenarnya sudah ada  semenjak kita tinggal  di suatu wilayah. Oleh karena itu, kita juga sering melihat apabila di wilayah tersebut banyak anggota masyarakat yang tidak cocok, maka anggota masyarakat tersebut belum menerapkan integrase.

3).  Integrasi nasional

Integrasi nasional adalah suatu proses untuk menyesuaikan setiap unsur  yang berbeda yang ada pada kehidupan masyarakat secara nasional. Adanya integrase nasional akan menciptakan sebuah pola kehidupan yang di mana setiap anggota masyarakat bisa menjalankan fungsi dan perannya masing-masing tanpa ada gangguan dari anggota masyarakat lainnya. Keberhasilan integrase nasional akan menentukan persatuan dan kesatuan. Dengan kata  lain, integrasii nasional yang tidak bisa terwujud, makna persatuan dan kesatuann akan berubah menjadi perpecahan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline