Lihat ke Halaman Asli

risa aisyatun

Mahasiswa Universitas Airlangga

Penyakit LSD di Kecamatan Krucil

Diperbarui: 12 Juni 2024   00:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gambar 1/dokpri

Pada pertengahan bulan juli 2023 warga kecamatan Krucil dikagetkan dengan adanya penyakit baru pada hewan ternak sapi.Penyakit yang menyerang pada hewan ternak sapi adalah LSD atau yang sering disebut lato-lato.Penyakit ini memang masih belum banyak yang tahu tetapi dokter hewan dan mantri hewan yang ada di kecamatan krucil berupaya untuk mencegah dan mengobati.

APA ITU LSD?

 Lumpy skin disease [LSD] merupakan penyakit menular pada hewan ruminansia khususnya sapi yang disebabkan oleh virus.LSD masuk dan menyebar kesuatu daerah melalui hewan ternak atau hewan lalat yang menyebarkan virus tersebut {repository.ipb.ac.id}

Cara mengatasi penyakit LSD

Di kecamatan Krucil penanganan pertama yang dilakukan oleh dokter hewan dan mantri hewan adalah pemberian vitamin,anti ektoparasit dan pemberian anti antibiotik spray apabila hewan telah teluka.Melakukan sosialisasi perihal penyakit LSD pada peternak dikecamatan Kruci.

Upaya yang dilakukan untuk penyebaran penyakit LSD tidak semakin menyebar luas yaitu peternak yang ada dikecmatan Krucil melakukan desinfeksi kandang mandiri.Peternak menjemur hewan ternak yang dimiliki,diusahakan dikandang tidak ada lalat,nyamuk dan lain-lain.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline