Lihat ke Halaman Asli

Risa Sulandari

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indoensia

Pencapaian Target SDGs Desa "Pedidikan Sepanjang Hayat" di MDTA Al-Barkah

Diperbarui: 9 Agustus 2022   11:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pada 5 Juli 2022 telah dibuka dan dilakukan sosialisasi KKN Tematik Universitas Pendidikan Indonesia tahun 2022 secara daring. Kegiatan KKN UPI 2022 dilakukan secara Hybrid, sesuai dengan agenda dimulai pada 11 Juli s/d 10 Agustus 2022. Pada tahun ini LPPM UPI memberikan tema besar dari SDGs (sustainable development goals) Desa. Terdapat banyak tema yang akan diberikan kepada para kelompok KKN.

Kelompok 6 terpilih untuk melaksanakan program dengan tema "pendidikan sepanjang hayat" yang akan dilaksanakan di Kelurahan Gegerkalong Girang, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung. Dimulai dari observasi dan bertemu dengan pihak sekolah yang akan kami jadikan tempat untuk penerapan program KKN. Kami memilih MDTA Al-Barkah yang berlokasi di Jl. Gegerkalong Girang Gg. Al-Barkah. 

Masing-masing anggota kelompok memiliki program-program dengan tujuan untuk mencapai SDGs Desa Pendidikan Sepanjang Hayat. Salah satu programnya adalah "Pengaruh Video Animasi Untuk meningkatkan perkembangan Sosial Emosi dalam Keterampilan (Kerja Sama) melalui Art And Craft pada Anak Usia Dini".

Dari program tersebut telah tercapai pembentukan keterampilan kerja sama dalam perkembangan sosial emosi anak usia dini melalui video animasi dengan membuat art and craft yaitu origami. Anak-anak di MDTA Al-Barkah memiliki kreativitas yang sangat baik, telebih lagi karena mereka merupakan anak usia dini dengan rentang usia (0-8) tahun. Berikut merupakan foto setelah kegiatan pembelajaran berlangsung.

Dari program tersebut ditutup dengan program besar yang akan dilaksanakan oleh kelompok KKN 06 di MDTA Al-Barkah. Terkait dengan hal tersebut akan dilaksanakan di kemudian hari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline