Lihat ke Halaman Asli

Menyusun Best Practice dengan Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan dampak)

Diperbarui: 25 Januari 2023   13:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta Didik Dalam Pembelajaran

Tujuan yang ingin dicapai yaitu meningkatkan kemampuanmenulis narrative text berbentuk fable pendek dan sederhana melalui model pembelajaran Project Based Learning pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 6 Batang Hari

Penulis                         : Risa Rahayu, S.Pd

Tanggal                       : 21 Januari 2023

 

Situasi

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah peserta didik cenderung pasif pada saat proses pembelajaran; peserta didik memiliki keterbatasan kosa kata dalam Bahasa Inggris sehingga merasa sulit untuk menuangkan ide dalam menulis; saya cenderung menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik lebih banyak mendengarkan materi dari pada melakukan aktivitas keterampilan menulis; dan saya belum maksimal menggunakan model dan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik peserta didik dalam pembelajaran.

Alasan praktik baik ini penting untuk dibagikan karena berdasarkan hasil kajian literatur, dan wawancara yang dilakukan, banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama, sehingga saya berharap dengan adanya praktik baik ini dapat memotivasi dan menginspirasi bagi rekan guru yang lain dalam upaya meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis narrative text.

Tanggung jawab saya sebagai guru dalam praktik ini adalah memilih model dan strategi pembelajaranyang tepat, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang akan digunakan,menyiapkan media pembelajaran yang disesuaikan dengan usia peserta didik agar lebih kontekstual, menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),menyusun rencana Evaluasi, serta mengimplementasikan pembelajaran sesuai dengan RPP dan saya juga bertanggung jawab sebagai fasilitator dan motivator bagi peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga motivasi dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran meningkat.

 

Tantangan 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline