INOVASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN "KELIP" UNTUK MENINGKATKAN KONTAK MATA PESERTA DIDIK AUTIS
Riris Yuliati Pradana, S.Pd
ABSTRAK
Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait penggunaan media pembelajaran yang inovatif bagi peserta didik autis guna meningkatkan kontak mata yang dimiliki. Media pembelajaran yang di gunakan terbuat dari bahan bekas dan dapat di peroleh dari lingkungan sekitar. Sehingga mudah di peroleh dan ramah lingkungan.
PENDAHULUAN
Peserta didik autis merupakan peserta didik yang mengalami hambatan dalam berperilaku dan proses berfikir sehingga mengalami habatan dalam berkomunikasi, bersosialisasi dan belajar. Berkenaan dengan hambatan yang di alami terdapat banyak aspek yang perulu di bantu peningkatannya, di antaranya konsentrasi, motorik, akademik, dan tentunya kontak mata.
Penggunaan media pembelajaran yang tepat dan inovatif dapat mambantu peserta didik meningkatkan aspek yang memerlukan peningkatan salah satunya kontak mata. Hal ini di rasa penting karena kontak mata mampu menunjang kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi.
METODE PENELITIAN
Peneliti menggunakan metode studi kasus guna mengumpulkan data terkait keberhasilan penggunaan media pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kemampuan kontak mata peserta didik autis. Peneliti melakukan wawancara terhadap rekan sejawat, orang tua peserta didik dan observasi terhadap peserta didik di kelas yang di ampu.
PEMBAHASAN
Media pembelajaran merupakan salah satu hal terpenting dalam pembelajaran peserta didik autis. Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat maka peserta didik akan dengan mudah mencerna atau mengolah informasi yang di dapat dari guru. Bagi peserta didik autis penggunaan media yang mampu mencuri perhatian sangatlah penting.