Lihat ke Halaman Asli

Riris Kusuma Ayu Pramesti

Universitas Airlangga

Sisi Positif Dunia Fangirling: Peluang Bisnis Online Khususnya bagi Penggemar Kpop

Diperbarui: 20 Juni 2022   20:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Kpop atau Korean Pop adalah salah satu genre musik asal Korea Selatan yang saat ini sedang banyak digemari dan dikenal di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia. 

Di Korea Selatan, para idol dari girlgroup dan boygroup dinaungi oleh sebuah agensi yang dimana semakin besar agensi tersebut, maka semakin dikenal dan sukses sebuah group idol. Ada banyak alasan mengapa idol Kpop mempunyai banyak fans dari seluruh dunia dan menjadi semakin berkembang setiap tahunnya. 

Pertama, sebelum debut menjadi seorang idol, calon idol harus menjalani masa audisi dan trainee selama kurang lebih 1 sampai 6 tahun sejak usia dibawah 15 tahun hingga berhasil dinyatakan debut oleh agensinya. 

Kedua, para idol tidak hanya diharuskan untuk mengembangkan talent (menyanyi, dance, acting, dan rap) mereka, namun juga dilatih memiliki attitude yang baik. Ketiga, selain memiliki visual yang menawan, para idol selalu bersikap profesional dan totalitas dalam memerankan perannya di depan para fans nya.

Dibalik itu semua, tak sedikit juga komentar dan pemikiran negatif kepada para penggemar Kpop dengan sebutan halunisasi, boros, lebay, alay, mempunyai selera yang terlalu tinggi, mencintai plastik dan lain sebagainya. 

Padahal jika didalami lebih lanjut, sebenarnya dari sebuah hobi fangirling ini kita bisa memanfaatkannya sebagai peluang dalam mencari tambahan penghasilan melalui sebagai berikut:

1. Jastip (Jasa Titip) Tiket Konser Kpop

Bagi seorang fans Kpop tentu tidak asing dengan yang namanya konser. Pengalaman mereka dalam dunia konser dari hal ticketing dan sebagainya dapat dijadikan sebagai bisnis online yang dapat meraup keuntungan yang menjanjikan. 

Mengingat banyaknya peminat Kpop, cara mendapatkan tiketnya pun tentu tidak mudah apalagi jika girlgroup atau boygroup tersebut telah memiliki popularitas yang tinggi. Biaya jasa yang dihasilkan dari jastip (jasa titip) checkout / war tiket konser ini sekitar Rp 200.000 hingga Rp 350.000 per tiketnya.

2. Admin GO (Group Order)

GO (group order) adalah group media sosial Line yang berisi banyak penggemar Kpop. Tugas dari admin GO ini adalah men-drop 'jajanan' berupa photocard atau merchandise Kpop ke dalam group order. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline