Lihat ke Halaman Asli

Office Politics ala Mafia

Diperbarui: 12 Juli 2017   22:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : karya fotografi pribadi (Riri Satria)

Disclaimer : tulisan ini mengandung ajaran sesat lagi menyesatkan, jika terus membaca maka risiko ditanggung sendiri .. hehehe ..

---

Dalam suatu kesempatan nongkrong sambil ngopi sore di sebuah cafe dengan beberapa mahasiswa saya, kami membahas tentang office politics.

Pertanyaan seorang mahasiswa sangat menggelitik diskusi kami, "Apakah trik-trik kotor di dalam organisasi juga bagian dari office politics?"

Nah, itu juga bagian dari praktik office politics. Bahkan dalam sebuah buku yang membahas office politics juga dibahas satu topik yang menarik yaitu office politics ala mafia.

Apakah office politics ala mafia? Satu hal yang jelas, ini semuanya trik-trik negatif dan salah tentunya. Tetapi walaupun demikian, dalam praktik sehari-hari, ini ditemukan.

Secara etika dan moral sudah pasti salah. Tetapi ya itu, mungkin karena menguntungkan, maka banyak yang menggunakan.

Saya pernah mendengar dalam sebuah forum konferensi bisnis seorang bule eksekutif top sebuah perusahaan bilang, business is business, ethics is another story.

Ya begitulah, terlepas dari setuju tidak setuju, ini dilakukan orang juga.

Nah, saya coba uraikan di sini, tetapi saya adaptasi dengan konteks Indonesia. Tentu saja saya menuliskan ini bukan untuk menganjurkan, melainkan untuk mengajak kita untuk waspada dengan praktik-praktik seperti ini. Kita jangan melakukannya, tetapi kita juga jangan sampai jadi korban!

So, don't do these things in the office!

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline