Lihat ke Halaman Asli

Tak Kalah Kece, Inilah Teknisi di Dunia Penerbangan

Diperbarui: 15 Desember 2019   17:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Bicara mengenai dunia teknik, benar adanya jika dikatakan bahwa dunia teknik begitu luas. Tak salah jika seseorang mengambil jurusan teknisi karena masa depan yang menjanjikan.

Tak sekedar dibidang industri produksi mesin seperti mobil dan motor saja. Ternyata di dunia penerbangan pun teknisi merupakan profesi yang paling popular. Kita mengenal salah satu maestro di dunia pesawat terbang, yaitu B.J.Habibie yang telah menumbuhkan industri pesawat terbang di tanah air.

Ketika mendengar pesawat terbang, kita selalu beranggapan bahwa pilot adalah profesi yang sangat berpengaruh. Tetapi pada kenyataannya semua profesi yang terikat di dalamnya sangat berpengaruh.

Tanggung jawab dari seorang teknisi tak hanya ketika dia merancang sebuah pesawat melainkan, ia bertanggung jawab dari awal perancangan hingga penerbangan-penerbangan yang dilakukan selama waktu yang ditentukan.

Kecelakaan pesawat, tak jarang disebabkan karena arsitektur pesawat yang kurang memadai. Hal ini merupakan salah satu tanggung jawab dari teknisi pesawat.

Jika kecelakaan pesawat murni terjadi karena kesalah teknisi, maka para teknisi pesawat tersebut akan mendapat sanksi berupa pencabutan sertifikat dan denda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline