Lihat ke Halaman Asli

Ririn Fajrin Nur Rosyadi

Penggemar Toppoki dan Penyuka Novel.

Tidak Nyaman Di Suatu Tempat ? Tengok Pengertian Liminal Space

Diperbarui: 31 Oktober 2021   16:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ceritaihsan.com

oleh: Ririn

Kamu pasti pernah berada di suatu tempat, namun kamu ingin segera pergi dan meninggalkan tempat tersebut. Hal ini biasanya dikaitkan dengan hal-hal mistis, terbersit perasaan tidak tenang dan takut ada di tempat itu.
Tentunya, hal ini bukan betulan karena ada kaitannya dengan hal ghaib loh. Simak yuk, beberapa hal yang membuatmu tidak nyaman saat berada di suatu tempat.

 

 Pengertian Ruang Liminal 

Pernah dengar liminal space  atau ruang liminal ?. Liminal Space atau ruang liminal adalah kondisi ambang antara apa yang sudah kamu kenal dengan yang baru kamu temui. Liminal Space berasal dari bahasa Latin yaitu "limen" yang artinya "ambang". 

Liminal Space terjadi karena kamu terbiasa menerjemahkan suatu tempat berdasarkan fungsi dan tujuannya. Suatu contoh, kamu pergi ke perpustakaan karena memang untuk membaca, mengerjakan tugas, dan meminjam buku. Tanpa tujuan dan fungsi tersebut kamu pasti heran untuk apa kamu di sana. Lalu cobalah kamu ke perpustakaan dimalam hari disaat tidak ada orang dan para penjaga perpustakaan sudah pulang. Kamu pasti bingung, takut, dan ingin segera beranjak dari perpustakaan tersebut. Fenomena ini terjadi karena kamu tidak menganggap perpustakaan sebagai "tempat". Perpustakaan ada hanya untuk membantu kamu dalam menyelesaikan aktivitas kamu. Sehingga saat kamu berada di sana tanpa tujuan khusus, kamu akan merasa aneh dan tidak nyaman berdiam diri dalam waktu yang lama. Hal inilah yang disebut liminal space.

 Jenis Liminal Space

Liminal space ternyata memiliki dua jenis definisi loh. Yuk tengok penjelasannya.

  1. Physical liminal space (fisik), yaitu berdasarkan sifat fisik atau bentuknya yang tampak. Contohnya seperti stasiun kereta api dengan kondisi tidak ada orang, lorong hotel, dan kampus. Saat kamu mengunjungi tempat-tempat tersebut dimalam hari akan memberikanmu perasaan tidak nyaman. Biasanya dikaitkan dengan gaya arsitektur bangunan tempat kamu berada. 
  1. Non physical liminal space (non fisik), yaitu berdasarkan hal-hal yang wujudnya tidak bisa kamu lihat. Biasanya fenomena ini terjadi saat kamu mencoba pengalaman baru atau suasana baru.  Jenis ini kerap kali berkaitan dengan perasaan manusia.

Contoh Liminal Space Jenis Fisik

Lorong rumah sakit di malam hari

Jepratjepret.riftom.com

Biasanya rumah sakit dilalui oleh banyak orang pada siang hari. Namun, ketika malam hari, rumah sakit sangatlah sepi karena semuanya beristirahat dan orang yang berada di lorong tersebut akan merasa takut serta ingin pergi.

Sekolah di malam hari

chekumbo.blogspot.com

Apakah kamu pernah berada di sekolah saat malam hari ?. Sensasi liminal space bisa kamu rasakan di sekolah saat malam hari loh. Biasanya di pagi bahkan hingga sore hari, sekolah sangat ramai digunakan untuk belajar ataupun aktivitas organisasi. Namun, pada saat malam hari sekolah akan terasa berbeda karena berhentinya aktivitas dan jika kamu berada disana, tentunya kamu akan berpikiran untuk segera pulang. 

Gedung atau rumah  yang terbengkalai

Jika kita melihat gedung pasti selalu dikaitkan dengan aktivitas manusia. Baik gedung perkantoran maupun rumah. Gedung kosong yang tidak berpenghuni lama pasti memiliki sensasi yang berbeda. Hal ini sering kali dikaitkan dengan hal-hal mistis.

Namun, kali ini kita akan meninjaunya  dari sudut pandang ruang liminal. Gedung yang biasa sehari-hari ada kegiatan manusia. Namun, apa jadinya jika gedung tersebut dibiarkan kosong?. Pasti kita akan bertanya-tanya "kenapa gedung ini dibiarkan terbengkalai?. Kenapa tidak digunakan kembali." Dan hal tersebutlah yang bisa kita katakan sebagai fenomena liminal space.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline