Lihat ke Halaman Asli

Waspadalah pada Wanita

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Dunia dengan segala yang ada di dalamnya diciptakan oleh Allah SWT dengan penuh keagungan. Semua makhluk yang ada di dalamnya memiliki kelebihan dan keistimewaan, tak terkecuali perempuan. Perempuan memiliki keistimewaan yang sangat luar biasa, Allah SWT menciptakan perempuan dengan dengan segala keindahan. Bukan hanya dari bentuk fisiknya, melainkan keindahan dari berbagai sisi. Wanita memiliki sifat yang lembut dan perasa, wanita dapat memberikan kebahagiaan bagi kehidupan. Namun, wanita juga dapat menghancurkan kehidupan.

Maka, tak heran jika perempuan di masa dahulu merupakan fitnah yang telah menimpa kaum Bani Israil. Sebagaimana yang telah diriwayatkan, dari Abu Sa’id Al-Khudriy ra. Dari Nabi SAW, beliau bersabda: “sesungguhnya dunia itu manis dan indah dan sesungguhnya Allah mengusahakan kepada kalian untuk mengelola yang ada di dalamnya, kemudian Allah mengawasi apa yang kalian perbuat. Maka hati-hatilah kalian terhadap dunia dan wanita. Sesungguhnya bencana yang pertama kali timbul pada bani Israil adalah karena wanita.” (HR. Muslim)

Di masa sekarang pun perempuan masih menjadi fitnah bagi kaum laki-laki. Teringat akan sosok petinggi KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) yang terlibat dalam pembunuhan seorang laki-laki, dimana ia harus merasakan hidup di dalam jeruji besi dan menanggalkan jabatannya. Itu semua diakibatkan oleh perempuan yang jelas bukan istrinya. Banyak petinggi negara yang terlibat skandal dengan perempuan, bahkan seorang pemuka agama pun tak luput dari fitnah seorang perempuan.

Sungguh sosok perempuan sangat menarik menjadi topik pembicaraan. Mengingat perempuan sangat mendominasi dibandingkan laki-laki. Di dunia pendidikan formal yang telah saya lewati, baik dari tahap SD sampai saya menduduki bangku kuliah memang tak dapat dipungkiri perbandingan antara laki-laki dan perempuan sangat jauh sekali.

Belakangan ini sosok perempuan dengan gerakan emansipasi wanita, banyak yang memiliki kegiatan atau pekerjaan yang hampir setara dengan laki-laki. Dulu, perempuan yang sudah bersuami hanya sebagai ibu rumah tangga yang mengerjakan segala sesuatunya dirumah. Perempuan dulu hanya mengerjakan pekerjaan rumah seperti memasak, mengurus anaknya dan melayani suaminya.

Mengingat baru saja kita telah memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, dimana stasiun TV banyak yang membahas mengenai perempuan-perempuan hebat yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia di belahan dunia. Perempuan sekarang sudah mempunyai pekerjaan dan menghasilkan uang yang tak besarnya dengan laki-laki. Bahkan seorang istri mempunyai penghasilan yang lebih besar dibandingkan suaminya.

Menurut penuturan psikolog yang pernah saya dengar di TV. Ia menuturkan bahwa jika seorang istri mempunyai penghasilan yang lebih besar dibandingkan suaminya, maka tidak menutup kemungkinan akan mengakibatkan seorang suami cemburu terhadap istrinya. Bukan karena istrinya menyukai pria lain, akan tetapi ia merasa tidak mampu menjadi seorang pemimpin rumah tangga yang bertanggung jawab memenuhi kebutuhan keluarganya. Pada akhirnya istri pun ikut mencari nafkan untuk keluarga. Hal tersebut bisa menjadi alasan retaknya hubungan rumah tangga yang berujung perceraian bahkan dapat mengakibatkan terjadinya tindak pembunuhan.

Maka dari itu, bagi kaum laki-laki berhati-hatilah terhadap perempuan. Seorang laki-laki hendaknya dapat menuntun perempuan kejalan yang benar dengan cara lemah lembut dan penuh kesabaran. Karena telah diterangkan dalam sebuah riwayat: “Perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk, sementara yang paling bengkok itu bagian teratasnya. Jika engkau bersikeras meluruskannya, ia akan patah. Tapi jika engkau membiarkannya, ia akan bengkok selamanya. Maka nasihatilah perempuan dengan cara yang baik.” (HR. Bukhari, Muslim, Ibnu Abi Syaibah dan Baihaqi)

Sebaik-baiknya perempuan adalah yang dapat menjaga ucapan dan kehormatannya, jangan sampai perempuan selamanya menjadi fitnah bagi kaum laki-laki. dan sebaik-baiknya laki-laki adalah yang dapat memperlakukan perempuan dengan penuh rasa hormat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline