Lihat ke Halaman Asli

Ririn K

Saya mahasiswa Untag surabaya semester 6

Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa UNTAG Surabaya

Diperbarui: 27 Juni 2021   22:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Masa pandemi Covid-19 yang masih berlanjut dan menurut sudut pandang beberapa pihak sangat merugikan. Dari segi ekonomi, pendidikan, lingkungan, dan kebiasaan. Terutama masyarakat menengah kebawah dengan kehidupan yang serba kekurangan, mereka berfikir bekerja hari ini untuk dimakan esok hari. Akan tetapi semua kegiataan saat ini serba dibatasi. Surabaya kini melakukan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kegiatan dimalam hari maximal pukul 20.00 WIB lalu bagaimana dengan orang yang berjualan ketika malam hari? Penghasilan mereka menjadi sepi karena pendemi ini,  dan mengharuskan pelajar melakukan kegiatan belajar online tidak terkecuali dengan mahasiswa yang harus melaksanakan Kuliah Kerja Nyata secara mandiri di domisili masing-masing.

Seperti yang dialami mahasiswa Untag Surabaya jurusan Akuntansi, Ririn Kusum berharap bisa melakukan Kuliah Kerja Nyata disuatu daerah dan memberikan inovasi untuk kemajuan daerah tersebut yang biasanya di tempatkan di daerah yang terpencil jauh dari hingar bingarnya kota, Namun karena pandemi ini harapan tidak sesuai dengan realita yang terjadi sekarang. Mahasiswa semester enam ini diberikan tugas untuk melaksanakan KKN di daerahnya yaitu di Simo Pomahan Baru RT 02, Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata pada tahun 2021 kali ini bertemakan “Pemberdayaan Masyarakat di Masa Vaksinasi Covid-19”. Tujuannya agar mahasiswa Untag ikut terlibat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di daerahnya masing-masing. Dia mengedukasi masyarakat sekitar agar sadar tentang bahayanya Covid19, dan senatiasa mampu beradaptasi dengan perubahan dalam beraktivitas yakni harus tetap menerapkan protokol kesehatan seperti anjuran pemerintah 5M diantaranya menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi.

Namun kenyataanya, masih ada sebagian masyarakat yang menghiraukan protokol kesehatan dengan tidak memakai masker saat keluar rumah, tidak menjaga jarak. Sungguh hal ini memprihatinkan, dalam bantinnya terenyuh dengan keadaan saat ini. Kurangnya pengetahuan akan pandemi ini menggerakkan hatinya untuk mengedukasi warga sekitar tentang hal ini, terlebih banyak stigma tentang vaksin berbahaya bagi tubuh. Memang benar adanya berbahaya jika memiliki penyakit darah tinggi, diabetes, demam tinggi untuk divaksin. Tetapi ketika tubuh kita sehat tentunya tidak menjadi masalah ketika melakukan vaksin. Tetap menjaga imun dengan tidur yang cukup, minum vitamin, memakan makanan yang sehat, memakai masker ketika keluar, mencuci tangan setelah keluar atau memegang sesuatu, mengganti baju dan mandi ketika dari luar akan menjaga keluarga dari penularan Covid 19.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata  mahasiswa satu ini dengan membagikan bingkisan berupa masker, vitamin, handsanitizer dan susu. Khusus untuk pedagang yang melakukan interaksi ke konsumen, memberikan tambahan bingkisan yaitu berupa face shield dan hand glove.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata mahasiswa ini berlangsung selama 12 hari terhitung mulai dari 14 Juni 2021. Harapan terbesar dari kegiatan ini adalah untuk kedepan dan seterusnya masyarakat dapat beradaptasi di Era New Normal ini dengan selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline