Lihat ke Halaman Asli

Ririn syafrina

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Permasalahan Pendidikan di Indonesia

Diperbarui: 8 Desember 2021   21:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan merupakan hak bagi semua orang, dan pemerintah memfasilitasinya dengan membangun sekolah-sekolah sebagai salah satu cara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun timbul banyak permasalahan pendidikan di Indonesia.

Mengenai masalah pedidikan, perhatian pemerintah kita masih terasa sangat minim. Gambaran ini tercermin dari beragamnya masalah pendidikan yang makin rumit. Kualitas siswa masih rendah, pengajar kurang profesional, biaya pendidikan yang mahal, bahkan aturan UU pendidikan kacau. Dampak dari pendidikan yang buruk itu, negeri kita kedepannya makin terpuruk. Keterpurukan ini dapat juga akibat dari kecilnya rata-rata alokasi anggaran pendidikan baik di tingkat nasional, propinsi, maupun kota dan kabupaten. Berikut beberapa permasalahan yang harus segera ditangani:  

Pendidikan yang Belum Merata

Banyak permasalahan yang harus segera diselesaikan dan salah satunya adalah pendidikan yang kurang merata di Indonesia. Pendidikan di kota besar seperti Jakarta pasti berbeda dengan di Papua atau di daerah-daerah lain yang sulit untuk diakses.

Masalah pemerataan ini mencakup bagaimana sistem pendidikan mampu memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh rakyat untuk mendapatkan pendidikan tanpa membedakan letak geografis, status sosial, jenis kelamin dan lain sebagainya.

Pendidikan yang tidak merata tersebut bisa disebabkan berbagai hal. Salah satunya karena kurangnya komunikasi pemerintah daerah dengan pemerintah pusat. Di Indonesia sendiri banyak pegunungan dan daerah terpencil yang cukup sulit untuk dijangkau.

Permasalahan Relevansi dan Mutu

Mutu pendidikan merupakan kualitas atau nilai dari pendidikan yang diajarkan. Pendidikan yang bermutu mampu menghasilkan tenaga atau sumber daya manusia profesional. Kualitas pendidik maupun fasilitas menjadi masalah jika hasil tidak sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan relevan yaitu sesuai dan berguna untuk saat ini dan masa yang akan datang. Hal inilah yang membuat pendidikan nasional di Indonesia kurang memadai.

Efisiensi dan Efektivitas Pendidikan

Efisiensi dalam pendidikan yaitu apabila tujuan dalam pendidikan bisa dicapai dan memberikan daya guna. Jadi pendidikan akan memberikan hasil baik tanpa harus membuang-buang waktu, biaya, tenaga dan lain sebagainya.

Pendidikan yang efisien mampu menghasilkan lulusan dengan produktivitas yang optimal. Hal tersebut merupakan sumber daya yang tepat untuk masa depan yang lebih baik. Sedangkan secara efektif yaitu pelaksanaan pendidikan yang mampu mencapai target yang telah diatur sebelumnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline