Lihat ke Halaman Asli

Madu Cerna B2 untuk Maag

Diperbarui: 28 November 2015   10:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

 

Maag adalah penyakit yang paling sering dijumpai di masyarakat baik di kota maupun di pedesaan dan banyak orang sudah tahu untuk mengobati maag menggunakan madu yang sudah terbukti bagus untuk meredakan asam lambung.

Apa itu Maag?

Penyakit maag atau dalam bahasa kerennya Gastritis adalah peyakit radang atau iritasi pada  lapisan lambung yang diakibatkan oleh meningkatkan kadar asam lambung di dalam pencernaan kita.

Penyebab Maag adalah??

Penyakit ini biasa diawali oleh pola makan yang tidak sehat seperti makan tidak teratur dan kebiasaan ngemil. Selain Karena faktor makan dan ngemil, naiknya produksi asam lambung bisa terjadi karena stress berlebih, menggunakan obat-obatan anti nyeri dalam waktu yang panjang, maupun karena infeksi bakteri helicobacter pylori.  Bakteri helicobacater pylori biasa menempel pada dinding lambung yang menyebabkan melemahnya pertahanan lambung. Bakteri ini juga mampu merangsang meningkatnya produksi asam lambung. Dengan meningkatnya asam lambung tentu lama kelamaan menyebabkan maag juga.

Gejala maag yaitu ??

Ciri dari seseorang yang terkena penyakit maag adalah merasakan ada perasaan tidak enak atau dada penuh ataupun juga lambung perih pada saat terlambat makan. Biasa pada kondisi yang belum parah gejala tersebut akan segera hilang jika lambung sudah diisi makanan.

Tetapi pada saat kondisi maag sudah parah atau kronis ini bisa menjadi berbahaya, karena pada lambung sudah terjadi luka yang bisa menyebabkan pendarahan. Istilah kedokteran jika terjadi luka pada saluran pencernaan adalah Ulkus peptikum. Jadi Ulkus Peptikum bisa diartikan sebagai luka yang terjadi pada lambung atau usus yang disebabkan oleh asam lambung dan getah pencernaan.  Jadi maag yang kronis bisa menyebabkan terjadi Ulkus Peptikum.

Penderita Maag yang sudah parah atau kronis akan mengalami kondisi serba salah, jika kambuh maka makan tidak bisa, tetapi jika tidak makan rasanya makin parah. Untuk kondisi seperti itu yang diperlukan bukan makanan tetapi nutrisi atau obat untuk meredakan asam lambungnya. Dan menurut saya nutrisi atau obat yang bagus itu yang sekaligus bisa menyembuhkan luka lambungnya. Apakah ada nutrisi atau obat untuk meredakan sekaligus mengobati luka pada lambung? Jawabannya ada, yaitu madu cerna




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline