Lihat ke Halaman Asli

Ripa Risyandi

Guru SMK Pertiwi Kuningan

Implementasi Profil Pelajar Pancasila, SMK Pertiwi Terapkan Budaya Salam Pagi

Diperbarui: 15 November 2023   18:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Darajat Subagja, S.Kom.

SMK Pertiwi Kuningan merupakan sekolah yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka sejak tahun 2021. Kurikulum merdeka bentuk perwujudan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Salah satu kegiatan yang dilakukan SMK Pertiwi Kuningan dalam mengimplementasikan elemen profil pelajar Pancasila khususnya pada unsur berkhlak mulia. Setiap pagi seluruh guru SMK Pertiwi Kuningan secara terjadwal melaksanakan penyambutan pagi di gerbang sekolah. Hal ini untuk melakukan pembiasaan dan keteladanan dalam kegiatan "Salam Pagi" Menyambut kedatangan siswa di Sekolah.

Kegiatan ini bertujuan membentuk karakter dan nilai-nilai kehidupan pada siswa dengan keteladanan guru tentang akhlak mulia dan kedisiplinan yaitu datang lebih awal di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap hari yang telah dijadwalkan. 

Selain itu, guru BP dan BK memberikan teguran bagi siswa yang melakukan tindakan indisipliner yang melanggar tata tertib sekolah pada hari itu, dengan memberikan pembinaan yang sifanya mendidik dan bermanfaat baik pada pribadi siswa itu sendiri maupun sekolah.

Hasil yang diharapkan dari program ini adalah menumbuhkan profil siswa yang berakhlak mulia ditunjukkan dengan sikap hormat siswa terhadap orang lain terutama pada guru maupun orang tua dengan melakukan senyum, salam, sapa, dan berjabat tangan serta disiplin.

Dengan senyum, salam, dan sapa yang dilakukan oleh guru dalam menyambut kedatangan siswa di sekolah akan menciptakan suasana yang penuh kedekatan dan keakraban antar semua warga sekolah diharapkan dapat menciptakan suasana yang kondusif di lingkungan SMK Pertiwi Kuningan. (RR)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline