Lihat ke Halaman Asli

Rioza Mulan Afrilia

UIN Raden Mas Said Surakarta

Peran Pondok Pesantren dalam Membangun Karakter Anak Bangsa

Diperbarui: 17 Oktober 2024   09:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peran Pondok Pesantren dalam Membangun Karakter Anak BangsaPondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki peran besar dalam membangun karakter anak bangsa. Dan juga merupakan pendidikan tertua di Indonesia dan telah melahirkan banyak tokoh di Indonesia. Selain sebagai tempat belajar agama, pondok pesantren juga menekankan pentingnya nilai-nilai moral, disiplin, dan tanggung jawab. Santri tidak hanya dididik dalam ilmu-ilmu agama, tetapi juga diajarkan untuk memiliki sikap yang baik, mandiri, dan peduli terhadap lingkungan sosialnya.

Di dalam kehidupan pesantren, santri terbiasa dengan pola hidup disiplin, seperti mengikuti jadwal shalat berjamaah, belajar Al-Qur’an, dan mengikuti pengajian secara rutin. Aktivitas ini membantu mereka membangun rasa tanggung jawab serta menanamkan nilai-nilai kejujuran, keikhlasan, dan kerja keras. Santri juga diajarkan untuk hidup sederhana, berbagi dengan sesama, serta menghormati orang lain, baik sesama santri maupun masyarakat di luar pesantren.

Peran pesantren dalam proses pembetukan karakter bangsa adalah menambahkan subtansi moral ke dalam setiap mata pelajaran. Dengan memasukkan substansi moral akhirnya lahirlah Pendidikan karakter.
Pendidikan karakter adalah Pendidikan yang mengembangkan nilai-nilaibudaya dan karakter bangsa pada diri peserta didik sehingga mereka memilikinilai dan karakter sebagai karakter dirinya, menerapkan nilai-nilai tersebutdalam kehidupan dirinya, sebagai anggota masyarakat, dan warga negarayang religious, nasionalis, produktif dan kreatif.

Kesimpulannya, pondok pesantren memainkan peran penting dalam membentuk generasi yang berakhlak, mandiri, dan bertanggung jawab. Dengan nilai-nilai yang diajarkan, pesantren berkontribusi besar dalam menciptakan anak bangsa yang siap menghadapi tantangan dan menjadi agen perubahan positif di masyarakat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline