Lihat ke Halaman Asli

'Internet Freedom'

Diperbarui: 25 Juni 2015   02:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Deklarasi kebebasan berInternet

[caption id="" align="alignleft" width="274" caption="Deklarasi kebebasan ber"][/caption]

Kebebasan ber'Internet'! Internet adalah wadah bagi semua orang, tanpa kecuali, untuk berpartisipasi bebas mengekspresikan diri. Biarkan internet 'terbuka', bebas pengawasan, bebas sensor, dan netral bebas dari keberpihakan.

Awal Juli ini internet marak dengan situs kampanye 'Internet Freedom', yang meminta pendapat dan dukungan kita semua.

Navigator


Kita sebut saja para tokoh digital yang memperjuangkan dan mendukung kampanye kebebasan ber'Internet' sebagai 'Navigator'. Beberapa 'Navigator' di antaranya dibahas di bawah (klik gambarnya untuk informasi lebih lanjut, laman baru).

Sascha Meinrath -- turut berkampanye dan menurunkan artikel (gambar posting di atas). Hampir 1/3 penduduk dunia sudah 'online'; Sascha memikirkan pemerataan, memajukan masyarakat desa dengan menerapkan jejaring 'low-cost open source'. Mungkin dilakukan memanfaatan 'white space', yaitu kanal televisi yang tidak terpakai.

Jim Wales -- yang empunya Wikipedia! Mendukung penuh kebebasan berinternet dengan me"mati"kan Wikipedia sehari Januari lalu sebagai protes, sambil menunjukkan betapa tinggi minat masyarakat terhadap situs semacam ini dan dampak negatifnya apabila kebebasan berinternet dibatasi.

Ron Wyden -- tokoh senator Amerika ini jadi idola para pengguna internet karena melawan kebijakan SOPA, PIPA, dan aturan lain yang dianggap bertentangan dengan kebebasan berinternet.

"What we need is a way to measure how the voice of networks is protected...to make sure the Internet stays free" ("Kita perlu mengukur seberapa perlindungan 'suara internet'.. agar internet tetap bebas").

David Vladeck -- tokoh pejabat pemerintah Amerika di Federal Trading Commision atau 'FTC' yang membela perlindungan hak dan privasi konsumen terhadap iklan internet yang menyesatkan, tidak akurat, curang, atau mengandung unsur penipuan. Klik gambar untuk melihat contoh kasus .

Jon Leibowitz -- masih pejabat 'FTC', mengingatkan 'cyberazzi' yang mengetahui dengan persis perilaku kita beraktivitas 'online' melalui cookies, supercookies, atau semacamnya. Perusahaan dan industri dihimbau untuk tidak melacak atau 'Do Not Track' (pernah lihat peringatan ini?). Artikel bagus penjelasan tentang ini, 'The Do Not Track Cookbook'.

Contoh lain baca posting 'Hati-hati Facebook Memonitor Chatting Anda!' kemarin.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline