Lihat ke Halaman Asli

Kontroversi "Bang Maman dari Jogja"

Diperbarui: 25 Juni 2015   06:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

"Mister.. KISSED tu apaan sih?" tanya seorang murid saya, "Eeh..apa dek ?" timpal saya berlagak bego. Sesaat kemudian dengan agak grogi saya melihat ke selembar kisi-kisi ujian praktek bahasa Inggris kelas VI sebuah SD swasta di kota Yogyakarta yang diujikan hari Senin pekan ini.

Pada kertas tersebut berisi perintah untuk menghafalkan 2 (dua) teks lagu, kemudian siswa melengkapi lirik yang belum lengkap kalimatnya.

Saya lihat di kertas itu ada lagunya Westlife (Mandy) dan Celine Dion (A new day has come). Ke 2 lagu ber-tema CINTA nan lebay yang saya rasa aneh jika harus dilafalkan oleh murid kelas VI.

"Wow, siswa SD harus menghafal lirik lagu ini dalam beberapa hari..amazing !" pikir saya. Sebuah pertanyaan muncul, mengapa harus lagu orang dewasa dan ber-Tema cinta..dibumbui kata-kata yang membuat benak anak-anak kecil itu bertanya.

Butuh beberapa menit untuk saya dapat berpikir dan mencoba mengalihkan pertanyaan yang lugu itu.

"Hmm..sekarang kita putar lagunya dulu dari bait pertama, ga usah di arti'in dek..ini 2 lagu lo, ntar waktunya habis dong..okay?" jawab saya. "Aseeeek..kalo gitu sih agak mendingan" timpalnya dengan lugu.

OW EM JI.. tantangan besar siswa jaman sekarang, kebebasan "orang dewasa" yang akan membuat mereka dewasa secara prematur. Ngga perlu cari siapa yang salah, cari yang bener aja aah...!

Temen2 yang jadi guru musti selektif dan kreatif deh, kasian guru les plus ortunya ..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline