Lihat ke Halaman Asli

Rio Oktaviansyah

Mahasiswa Unipdu Jombang

Peringati 1 Muharram Mahasiswa KPM Kelompok 11 UNIPDU Adakan Gebyar Lomba TPQ di Desa Jatimlerek

Diperbarui: 31 Agustus 2022   05:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana Perlombaan TPQ Mahasiswa KPM UNIPDU di Masjid (dokpri)

Taman Pendidikan Al-Qur’an (disingkat TPA atau TPQ) adalah lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan nonformal jenis keagamaan islam yang bertujuan memberikan pengajaran membaca Al-qur’an sejak usia dini. Serta mengajarkan dasar-dasar islam pada anak usia taman kanak-kanak, sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah atau bahkan yang lebih tinggi. Pembelajaran ilmu agama sangat penting ditanamkan sejak usia dini karena pendidikan yang di berikan sejak kecil pengaruhnya sangat tajam dan berbekas daripada pendidikan yang diberikan sejak usai dewasa. TPQ menjadi salah satu jalan alternatif bagi anak-anak di desa jatimlerek untuk memperoleh pengajaran Al-qur’an. Kebanyakan orang tua di desa jatimlerek berprofesi sebagai petani ini yang menyebabkan keterbatasan waktu sehingga tidak sempat untuk memberikan pengajaran Al-quran pada sang anak.  Di desa jatimlerek terdapat 7 TPQ berdasarkan beberapa tenaga pengajar mengatakan bahwa anak-anak TPQ tidak menentu kehadirannya ada berbagai faktor yang mempengaruhi seperti malas, bosan atau lebih memilih bermain game di rumah.

Masiswa KPM unipdu kelompok 11 berinisiatif menyelenggarakan lomba antar TPQ se-desa Jatimlerek Untuk memupuk kembali semangat belajar anak-anak desa jatimlerek dan sekaligus menyambut tahun baru islam acara lomba ini terdiri dari 3 jenis perlombaan yaitu lomba tartil qur’an, lomba adzan,dan lomba kaligrafi. penilaian perlombaan dilihat dari kelancarah, tajwid, serta adab membaca Al-qur’an. dan untuk lomba kaligrafi penilaian dari kerapian.

Penyerahan Hadiah Kepada Pemenang Lomba (dokpri)

Alhamdulillah penuh rasa syukur. Acara yang kami selenggarakan berjalan dengan lancar tanpa ada halangan yang begitu berarti, anak-anak TPQ sangat antusias untuk mengikuti lomba. Gebyar Lomba TPQ ini ditempatkan di masjid jami’ desa jatimlerek dan diikuti oleh.... peserta delegasi dari seluruh TPQ yang ada di desa jatimlerek.

“Saya sangat berterimakasih kepada mahasiswa KPM unipdu yg telah menyelenggarakan Gebyar Lomba TPQ ini, semoga dengan diadakannya lomba ini dapat mengobarkan api semangat bagi anak-anak TPQ untuk lebih rajin lagi dalam mengaji Al-quran”  ujar Ustad Mansur Kordinator TPQ desa jatimlerek

#UnipduHebat #LPPMUNIPDU #KPMT XXI 2022

Foto Bersama Mahasiswa KPM dan Peserta Lomba TPQ (dokpri)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline