Lihat ke Halaman Asli

Rion Nofrianda

Berbagilah Kisah Kita Tak Sama

Usai! Pacu Jalur Tradisional di Cerenti Tahun 2023, Berikut Daftar Peringkatnya

Diperbarui: 19 Maret 2023   20:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Piala Pemenang (Pexels/ Rodnae Productions)

Festival pacu jalur tradisional di Topian Nyiur Melambai Kecamatan Cerenti telah usai digelar, minggu (19/03/2023). Pelaksanaan pacu jalur ini dilaksanakan sejak hari jum'at lalu yang diikuti oleh 25 jalur yang berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi dan Kabupaten Indragiri Hulu.

Hari ketiga, jalur tersisa sebanyak tujuh jalur dengan rincian dua jalur dari Kabupaten Indragiri Hulu dan lima jalur dari Kabupaten Kuantan Singingi dengan rincian satu jalur berasal dari Kecamatan Inuman, satu jalur dari Kecamatan Kuantan Hilir, satu jalur dari Kecamatan Pangean dan dua jalur dari Kecamatan Cerenti sebagai tuan rumah penyelenggara.

Setelah melakukan perpacuan sesuai dengan undian yang telah ditentukan. Maka, juara pertama dan kedua diperebutkan oleh jalur Pangeran Hilir Rantau Kuantan dari Desa Teluk Pauh Kecamatan Cerenti berada di posisi jalan sebelah kiri berhadapan dengan Untuang Sakato Tuah Nagori Desa Tanjung Medan yang juga sama-sama dari Kecamatan Cerenti.

Uniknya, dua jalur dari Kecamatan Cerenti yang tersisa di hari ketiga bertahan hingga menuju fase final.

Pelaksanaan final cukup dramatis, kedua buah jalur saling berupaya mendahului pancang demi pancang. Tanpa ampun kedua jalur terus mendayung hingga akhirnya memasuki pancang terakhir.

Sorak sorai pendukung masing-masing jalur terus terdengar hingga akhirnya kedua jalur berhenti mendayung menandakan telah sampai di pancang finish.

Dari hasil perpacuan dua jalur di final, dewan hakim mengumumkan bahwa Pangeran Hilir Rantau Kuantan dari Desa Teluk Pauh Kecamatan Cerenti yang di posisi jalan sebelah kiri berhadapan dengan Untuang Sakato Tuah Nagori Desa Tanjung Medan, Kecamatan Cerenti yang menang adalah Pangeran Hilir Rantau Kuantan dari Desa Teluk Pauh Kecamatan Cerenti.

Sontak gelanggang pacuan kembali bergemuruh, hiruk pikuk penonton tak terbendung lagi mendengar kemenangan jalur andalannya.

Kedua atlet perpacuan saling bersalaman menunjukkan sportivitas dan kekeluargaan dalam sebuah event olahraga pacu jalur.

Berikut daftar juara peringkat pacu jalur Tradisional Topian Nyiur Melambai, Kecamatan Cerenti, Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2023.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline