Lihat ke Halaman Asli

Rion Nofrianda

Berbagilah Kisah Kita Tak Sama

Masakan Bunda Tiada Tara

Diperbarui: 8 Maret 2023   09:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi masakan Bunda (Pexels/Monstera)

Bunda koki terbaik di dunia, meskipun sederhana menu yang disajikan namun entah kenapa selalu terasa istimewa setiap santapan. Pagi, siang hingga malam menjelang Bunda selalu berupaya menyajikan menu terbaik untuk keluarganya. Selalu menjadi alarm ketika jam makan tiba, seolah tak rela membiarkan anak serta suami kelaparan barang sedetik pun.

Sejauh apapun anak merantau, sebanyak apapun makanan yang telah dinikmati tetap masakan bunda terbaik sepanjang masa. Hingga tak jarang pula anak selalu meminta untuk dikirimi lauk meski berbeda kota. Hanya untuk melepas rindu dengan masakan bunda, anak pun rela makan berhari-hari dengan lauk yang Bunda kirimkan di perantauan. Seolah tak ikhlas menyantap habis sekali makan menu yang dikirimkan.

Jika dapat kabar anak akan pulang, Bunda pun dengan senang hati mempersiapkan makanan favorit anaknya, bahkan tak sungkan belanja ke pasar demi membeli semua kebutuhan masakan. Tak peduli panas terik matahari menggerogoti asal anak puas hati jika kembali ke rumah dan menyantap hidangan yang disajikan.

Tak ada yang berbeda rempah-rempah pilihan yang diracik dalam sebuah menu masakan oleh sang Bunda, sekali lagi entah mengapa masakan Bunda sungguh berbeda meski takarannya sama dengan masakan orang lain pada umumnya.

Satu persatu bahan-bahan dimasukkan ke tungku masak, sekali sekali mengaduk agar adonannya masak merata. Sering kali melihat jam dinding dan bahkan sesekali menelpon anaknya, memastikan selamat di perjalanan dan mengetahui sebarapa jauh jarak dari rumah hingga hidangan sudah siap saji ketika anak sampai.

Tak beberapa lama waktu berselang, anak pun tiba seketika itu pula masakan telah siap dan dihidangkan di meja makan. Senyum bahagia terpancar di wajah bunda menyambut dengan hangat sekembalinya anak dari perantauan. 

Sekeluarga pun makan bersama sambal saling bercengkrama tentang cerita dunia. Seketika tersadar bahwa salah satu rahasia dari istimewanya masakan Bunda yaitu ada nya rasa cinta di setiap sajiannya. Penuh hati-hati memilih bahan masakan yang berkualitas demi cita rasa terbaik untuk keluarga.

Hingga akhirnya, dimanapun tempat makannya, masakan Bunda tiada tara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline