Lihat ke Halaman Asli

Rio Judika Samuel

Memento Mori

Varian Jenis Baru Hadir, Mahasiswa KKN Undip Tim I Gencarkan Edukasi Protokol Kesehatan

Diperbarui: 11 Februari 2022   19:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pelaksanaan KKN Tim I Undip 2021/2022, dilaksanakan pasca PPKM Darurat. Hal ini dikarenakan kasus covid-19 yang terus melonjak di Indonesia dan juga adanya beberapa  varian baru pada virus COVID-19, khususnya varian omicron. Penambahan kasus harian COVID-19 di Indonesia stagnan di level 40 ribu. 

Hari ini, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengumumkan ada tambahan 40.489 kasus baru per-tanggal 11/02/2022. Dengan begitu, total kasus konfirmasi mencapai 4.708.043. Tambahan 40.489 kasus hari ini sedikit lebih rendah dibandingkan kemarin yang tercatat 40.618. 

Namun hal ini tidak menjadi penghalang bagi Mahasiswa dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN).  Berbagai macam program KKN telah dilangsungkan oleh ribuan peserta KKN Tim I Undip yang tersebar pada berbagai Provinsi di Indonesia.

Untuk mencegah penyebaran COVID-19 Khususnya Varian baru di Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Mahasiswa KKN Undip memutuskan untuk memberikan edukasi pada masyarakat  mengenai  Protokol Kesehatan Lanjutan Pasca Pandemi COVID-19 yang lalu untuk menghadapi varian-varian baru yang muncul secara tiba-tiba dimana banyak masyarakat yang resah dan butuh edukasi serta informasi yang update dalam pencegahan dalam menjalankan kebiasaan baru pasca COVID-19.

Edukasi yang dilakukan oleh Rio J.S. Panjaitan, Mahasiswa Jurusan Akuakultur Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro , Dosen Pembimbing Nenik Woyanti S.E., M.Si pada minggu ke-3 dan ke-4 dengan metode edukasi secara door to door dengan media poster yang ditempelkan di beberapa sudut tempat di Desa Tanjung Bunga  serta pemberian stater kit dan pamflet kepada beberapa warga Dusun I dan II, Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. 

Beberapa topik yang diangkat dalam edukasi ini berupa penjabaran mengenai beberapa tanda gejala, alur vaksinasi COVID-19, dan protokol kesehatan 5M dengan menggunakan media berupa kumpulan leaflet yang dibuat dan dibentuk menjadi booklet sehingga lebih menarik dan mudah untuk dicermati.

Harapannya melalui edukasi mengenai Protokol Kesehatan Kesehatan Berdasarkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Sehingga pandemi COVID-19 ini dapat segera berakhir dan dapat beradaptasi dengan kehidupan pasca pandemic COVID-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline