Lihat ke Halaman Asli

Rio Judika Samuel

Memento Mori

Mahasiswa KKN Undip Ajak Warga Desa Tanjung Bunga untuk Menjaga Kelestarian Ikan di Danau Toba

Diperbarui: 11 Februari 2022   17:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Tanjung Bunga(28/01/2022) - Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro berlangsung sejak 05 Januari - 15 Februari 2022 dengan mengusung tema, Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi COVID-19 Berbasis Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Pada pelaksanaan KKN ini, mahasiswa dituntut untuk menjalankan program yang dapat menjawab permasalahan yang ada di lingkungan sekitar terutama permasalahan yang berada di Desa Tanjung Bunga.

Rio Judika Samuel Panjaitan, salah satu peserta KKN dari jurusan Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro (UNDIP) dengan Dosen Pembimbing Nenik Woyanti S.E., M.Si melakukan kegiatan KKN di Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.  

Salah satu jenis program yang diusung dalam pelaksanaan KKN ini yakni mengajak masyarakat Desa Tanjung Bunga agar tetap menjaga kelestarian sumberdaya ikan yang ada di Danau Toba melalui program Restocking benih ikan. Restocking benih ikan merupakan salah satu upaya penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum, pada perairan yang dianggap telah mengalami krisis akibat padat tangkap atau tingkat pemanfaatannya berlebihan.  

Program tersebut dilaksanakan di Desa Tanjung Bunga tepatnya di Dusun II. Program tersebut dilaksanakan pada pagi hari di hari Jumat (28/01/2022) yang dihadiri langsung oleh Kepala Desa Tanjung Bunga, Kepala Dusun I hingga Kepala Dusun III Desa Tanjung Bunga serta beberapa perangkat desa Tanjung Bunga dan Tokoh Masyarakat yang diundang. 

Program restocking benih ikan dilakukan dengan menebar benih ikan dengan 2 jenis kultivan yang berbeda, yakni ikan Mas dan ikan Nila. Pelaksanaan program restocking benih ikan yang dilakukan di Danau Toba diapresiasi penuh oleh Kepala Desa Tanjung Bunga (Lasper Sitanggang) dan beberapa pihak yang menghadiri acara restocking benih tersebut dan berharap program-program seperti ini harus banyak dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama masyarakat desa Tanjung Bunga terhadap pelestarian sumber daya perikanan yang ada di Desa Tanjung Bunga.

"Kegiatan Restocking benih ikan di Desa Tanjung Bunga ini diharapkan bukan hanya sekedar program saja, namun kelak  kami berharap dengan adanya program ini dapat mendorong perekonomian masyarakat desa Tanjung Bunga melalui penambahan stock ikan tangkapan dan yang paling utama adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian sumber daya alam terutama sumber daya perikanan." tutur mahasiswa KKN UNDIP saat menyampaikan sepatah dua patah kata saat pelaksanaan Program Restocking Benih Ikan berlangsung.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline