Lihat ke Halaman Asli

Rio DwiyansPutra

tidak bekerja

Sosialisasi Anti Bullying dan Dampak Negatif Bullying Bersama Kepolisian Sektor Singosari di SD Negeri 3 Toyomarto

Diperbarui: 26 Februari 2024   14:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar Rio

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan oleh Kelompok 57 Gelombang 7 pada tanggal 30 Januari 2024, pukul 09.30 WIB , bertempat di SD Negeri 03 Toyomarto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi anti bullying yang dihadiri oleh Guru dan siswa-siswi SD Negeri 03 Toyomarto, dan didampingi oleh Kanit Binmas Polsek Singosari IPTU Blassius dan Bhabinkamtibmas Polsek Singosari AIPTU Anik Purwanti. 

Serta mahasiswa PMM Kelompok 57 Gelombang 7 yang beranggotakan Rio Dwiyans Putra, Adam Renanda Ary Saputra, Bagas Aditya Firmandail, Fardi Diansyah Ilham, Dicky Hardi Sundawa dari Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang yang dibimbing oleh Bapak Dr. Fauzik Lendriyono.

Sosialisasi anti bullying bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep bullying, mengenal macam-macam bullying, dampak negative terhadap korban bullying. Sosialisasi anti-bullying dapat membantu menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung secara emosional bagi individu di berbagai tingkatan usia. Ini dapat mencegah tekanan psikologis dan mengurangi risiko gangguan mental.

Anak-anak yang mengalami bullying cenderung memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dan fokus yang berkurang, yang dapat memengaruhi kinerja akademis mereka. Melalui sosialisasi anti-bullying, kita dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif untuk pembelajaran.

Dengan meningkatkan kesadaran dan edukasi kepada siswa siswi SD Negeri 03 Toyomarto yang juga dibantu oleh Binmas Polsek Singosari tentang bullying agar siswa siswi tidak melakukan Tindakan bullying kepada sesama sehingga tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Sangat diharapkan siswa dan siswi dapat memahami bahaya bullying beserta dampaknya dan dalam seluruh lingkungan sekolah tidak ada bullying yang terjadi di SD Negeri 03 Toyomarto. Karena hal ini dapat menciptakan lingkungan yang lebih positif dan aman bagi semua individu.

"Menurut saya kegiatan sosialisasi bullying yang dilaksanakan oleh Mahasiswa UMM daari jurusan Hukum Bersama Bapak Kanit IPTU Blassius dan Ibu AIPTU Anik Purwanti dari Polsek Singisari sangat baik, materi yang di berikan serta game yang mendukung insyaallah dapat di pahami oleh anak-anak dan semoga anak-anak dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari - hari di manapun mereka berada. 

Kegiatan sosialisasi seperti ini sangat di butuhkan guru dan peserta didik, agar bisa saling memahami, bahwa setiap kita bertindak / berucap harus berhati - hati, agar tidak menimbulkan masalah. Saya ucapkan banyak-banyak terima kasih pada Bpk Kanit & Bu Anik dr Polsek Singosari serta pada kakak-kakak dari UMM yang telah memberikan sosialisasi bullying pada seluruh siswa & guru SDN 3 Toyomarto. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat." Tanggapan Ibu Anna Andriyanti, S.Pd selaku Kepala Sekolah SD Negeri 03 Toyomarto mengenai kegiatan sosialisasi anti bullying.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline