Lihat ke Halaman Asli

Pengembangan UMKM di Desa Sidodadi

Diperbarui: 29 Mei 2021   18:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Untuk Mengembangkan UMKM  di Desa Sidodadi, Mahasiswa KKN Desa Sidodadi dan Dosen Fakultas Ekonomi UM Mengadakan Kolaborasi sebagai Upaya Branding Product. Kegiatan Branding Product merupakan program kerja dari Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang yang bertempat di Desa Sidodadi, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. 

Desa Sidodadi ini merupakan salah satu Desa Binaan Universitas Negeri Malang. Kegiatan ini dilakukan oleh Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang yang bekerjasama dengan beberapa Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Kerja sama ini dimaksudkan untuk membangun dan mem-branding UMKM yang ada di desa Sidodadi, supaya produk yang dihasilkan dapat bersaing dan diterima oleh masyarakat luas. Sehingga, melalui kegiatan tersebut para pelaku UMKM dapat memasarkan produk mereka dengan lebih baik. 

Langkah yang dilakukan dalam program kerja ini yaitu, para dosen dan perwakilan mahasiswa dari Universitas Negeri Malang mengadakan pertemuan dengan pelaku UMKM yang berada di Desa Sidodadi. Agenda ini membahas tentang perkembangan dan Branding Produk UMKM. Pertemuan dan observasi lapangan bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait produk yang akan dikembangkan. Dari hasil observasi ini  menghasilkan beberapa point penting tentang produksi UMKM diantaranya ada jenis kemasan, ukuran kemasan, aneka citarasa, dokumentasi produk dan nomor produksi. 

Dokpri

Luaran yang dihasilkan dari pertemuan ini yaitu para Mahasiswa KKN UM membuat Desain Logo dan Stiker Kemasan sebagai Identitas produk UMKM. Desain yang dibuat  selanjutnya di konsultasikan kepada Pelaku UMKM dan Dosen Fakultas Ekonomi UM, setelah semua pihak setuju makan Desain yang dibuat telah siap dicetak dan dipakai untuk label UMKM.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline