Lihat ke Halaman Asli

Jangan Malas Cuci Mobil di Musim Hujan

Diperbarui: 26 Februari 2016   14:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="mobilpalembang.net"][/caption]Memasuki musim hujan ada yang bilang berkah, tetapi berbeda bagi pemilik kendaraan bermotor yang harus siap cuci kendaraan setelah melewati guyuran hujan. Buat Anda yang memiliki kendaraan bermotor yaitu mobil. Harus menyiapkan tenaga untuk mencuci kendaraan, karena jika ditunda akan timbul masalah yaitu jamur pada kaca dan body mobil.

Jamur mobil biasanya muncul ketika mobil terkena panas sinar matahari sehabis kehujanan yang menempel terus mengering pada body dan kaca. Masalah jamur sebenarnya bisa diatasi dengan menyerahkan ke jasa salon dengan harga yang bervariasi. Tetapi jika Anda memiliki waktu luang, tidak ada salahnya Anda mengerjakan sendiri tanpa perlu pergi jasa salon mobil.

Jika tidak punya waktu cuci mobil, tidak ada salahnya Anda membawa ke tempat cuci mobil 24 jam atau cuci mobil otomatis. Biasakan untuk tidak lupa perhatikan beberapa panel yang belum kering. Bagian yang luput biasanya di kaca spion, penutup tangki mobil dan handel pintu.

Tetapi jika kendaraan Anda terpaksa melewati genangan atau banjir, jangan pernah lupa untuk mencuci kolong kendaraan. Anda bisa membawa ke tempat cuci mobil yang memiliki hidrolik agar tidak cepat timbul karat pada kolong mobil.

Selalu gunakan air bertekanan untuk membersihkan kolong mobil. Ketika mau diturunkan, biasakan Anda memeriksa terlebih dahulu sisa-sisa kotoran yang menempel pada kolong mobil. Periksa sekitar roda dan komponen shocbreaker, agar tidak ada kotoran tersisa yang dapat merusak sistem suspensi. Jika masih belum yakin terhadap kolong mobil, Anda bisa gunakan jari tangan untuk periksa kembali dengan cara merogohnya.

Saran saya, saat proses membersihkan bagian bawah kolong mobil, periksa juga karet atau kaki-kaki mobil. Selamat mencuci

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline