Lihat ke Halaman Asli

Rinto F. Simorangkir

Seorang Pendidik dan lagi Ambil S2 di Kota Yogya dan berharap bisa sampai S3, suami dan ayah bagi ketiga anak saya (Ziel, Nuel, Briel), suka baca buku, menulis, traveling dan berbagi cerita dan tulisan

Mbiz Media Pembentuk Entrepreneur Baru dan Tangguh di Indonesia

Diperbarui: 2 Juni 2019   20:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

bisnis.com

Ketemu dengan salah satu platform ini sebenarnya menolong banyak anak muda supaya segera menjadi seorang entrepreneur sejati. Sebab untuk  mengubah Indonesia menjadi negara maju, butuh kegerakan dari anak-anak muda untuk menggarap seluruh kapasitas dan kemampuannya di dalam melakukan suatu bisnis.

Mempelajari tahapan-tahapan menjadi seorang entrepreneur sejati memang tidak mudah, tapi bukan berarti mustahil diwujudkan. Mulai dari  menemukan ide-ide bisnis, kemudian mewujudkannya menjadi sebuah bisnis real. Kemudian setelah berjalan bagaimana supaya bisnis tersebut tetap produkrif, tetap sustainabilty, sehingga akhirnya menguntungkan atau profit.

Mbiz Discussion (MBiz.co.id)

Maka disinilah letak dari peran Mbiz didalam menolong banyak para entrepreneur muda untuk tidak takut mewujudkan mimpinya. Mbiz hadir dengan sebuah platform solusi e-procurement pertama di Indonesia. Dengan penyediaan-penyediaan fitur-fitur e-procurement seperti pembuatan atau kontrol anggaran, persetujuan, laporan pengeluran, penjualan hingga pengiriman. Baik untuk perusahaan-perusahaan berskala besar seperti BUMN, UMKM, hingga personal.

Bahkan menggabungkan konsep e-commerce di dalamnya sehingga Mbiz menjadi media yang mempertemukan banyak customer atau pelanggan dengan para penyedia barang dan jasa seperti vendor-vendor. Sehingga dengan platform Mbiz bisa mempertemukan kita sebagai seorang pemula dalam bisnis untuk menemukan bahan-bahan modal untuk proses produksi kita dengan harga yang bersaing ataupun termurah.

Melaluinya ada kepastian dan perputaran modal untuk bahan-bahan baku yang kita gunakan, sebab Mbiz menjamin dengan 4 keunggulan mereka yang tak terbantahkan. Pertama, menyediakan sistem yang aman dan andal. Dengan penyediaan fitur progress bar.Maka setiap pengguna bisa melacak setiap transaksi dengan jelas dan mudah. Ada status pemesanan otomatis dan juga pelacakan yang terstruktur.

mbiz.co.id

Kedua, transparan. Hal ini penting sebab dengan Mbiz ketersediaan dokumentasi pemesanan kita akan ada.Hal ini akan mempermudah proses audit terhadap seluruh transaksi yang sudah kita lakukan baik oleh customer atapun para vendor. Ketiga, multi login yang akan mempermudah kita untuk mengakses akun kita dengan mudah. Khususnya sebagai vendor, dimana bagian finance, tim e-procurement maupun pihak yang berwewenang untuk persetujuan pemesanan bisa mengetahui tahapan prosesnya. Fungsinya akan mempermudah siklus atau prosedur yang biasanya rumit, memakan waktu dan tenaga saat kita memesan barang atau jasa.

Keempat, sederhana dan mudah. Konsepnya sederhana dan mudah. Sehingga Customer hanya perlu melewati 5 langkah penting dalam proses penyediaan barang yang perusahaan kita butuhkan. Yaitu pembelian produk, pembuatan RFQ and Quotation, persetujuan PR, pengiriman dan penagihan, serta pembayaran. Kemudian sistemnya yang bersifat personalisasi juga memungkinkan kita memiliki akses langsung ke berbagai vendor tanpa harus repot melakukan pencarian kemana-mana.

Ide Bisnis dan Sistem

Mbiz yang merupakan b2b market place untuk belanja perusahaan juga merupakan  bagian dari Lippo Grup juga Lippo Digital hadir di Indonesia bukan hanya sebagai penyedia layanan akan kebutuhan para customernya. Tapi lebih dari itu menyediakan layanan perkembangan bisnis selanjutnya.

Sehingga dengan konsepnya B2B atau business to business bahwa produk atau barang yang kita butuhkan untuk melayani orang lain atau boleh dibilang menjual bisnis untuk melayani orang lain. Sedangkan jika dengan konsepnya dengan B2C (Business to customer), bisnis yang kita jual untuk melayani diri sendiri.

Sebagai contoh untuk mempermudah kita dalam konsep Mbiz yang menerapkan konsep B2B, yakni saat menjual Mesin Cuci. Jika konsep B2B maka mesin cuci yang dibeli tersebut akan dibuat konsep menjadi penyedia Jasa layanan Loundry. Sedangkan jika konsepnya B2C,maka mesin cuci tersebut akan kita pakai untuk memudahkan kita mencuci baju kita sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline