Lihat ke Halaman Asli

Rini Wulandari

TERVERIFIKASI

belajar, mengajar, menulis

DPT KPU Memang Penting Bagi Parpol, tapi Tidak untuk Diakses Bebas!

Diperbarui: 26 Juli 2023   08:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi pemilu. (KOMPAS/SUPRIYANTO)

Ini menjadi tahun kedua saya mengikuti pemilu sejak pindah ke kampung baru, pertama pada 2014 silam. Kebetulan kali ini panitianya adalah para siswa yang telah selesai sekolah, mereka membawa langsung ke rumah form DPTnya dan sudah tercatat. 

Saya berarti menjadi salah satu warga yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan itu artinya saya termasuk dalam 204 juta DPT KPU.

Namun reaksi pertama tentu saja kaget ketika mengetahui bahwa DPT tersebut katanya bisa diakses langsung oleh partai politik (parpol).

Secara pribadi saya memiliki dua alasan tersendiri. Pertama, soal keamanan, DPT (Daftar Pemilih Tetap) dalam pemilu adalah daftar yang berisi informasi tentang pemilih yang memenuhi syarat untuk memberikan suara. Dalam hal pilpres Indonesia tahun 2024, DPT KPU (Daftar Pemilih Tetap Komisi Pemilihan Umum) merupakan daftar yang disusun oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan berisi informasi tentang warga negara yang memenuhi syarat untuk memberikan suara dalam pemilihan presiden dan wakil presiden. Jadi jelas data ini amat sangat penting.

Sosialisasi pemilu oleh KPU di jalanan | Gambar Kumparan

Kekuatiran saya adalah, bagaimana KPU menjamin big data ini akan aman. Apakah KPU memiliki sistem atau mekanisme untuk menjaganya dari kebobolan.

Masih segar dalam ingatan kita ketika BSI dibobol oleh penjahat siber ransomware. Apalagi saya nasabahnya juga dan ketika itu terpaksa melakukan tindakan paling sederhana mengganti PIN dan pasword untuk mengantisipasi hacker mengambil data. Karena adanya perubahan itu bisa menyulitkan hacker. Tapi bagaimana dengan big data DPT, apakah punya mekanisme itu.

Jika lembaga sebesar BSI, BI, Imigrasi dan pajak saja bisa jebol bagaimana ya kira-kira dengan KPU. Jika sampai jebol siapa yang menjamin tanggung jawabnya?

Kedua, meskipun DPT sangat penting bagi partai tapi bagaimana partai bisa menjaganya dengan baik. Apakah mereka juga punya sistem, atau bagaimana jika mereka lalai dan ceroboh. Atau lebih bahayanya lagi karena mereka justru melakukan kecurangan. Apakah sanksinya memadai dari KPU. Dan apa bahayanya bagi pemilu 2024 kita?.

Seberapa penting Big Data DPT bagi parpol?

Pejalan kaki melintasi mural tentang pemilu | Gambar Antara Foto

Berdasarkan yang saya pahami secara awam, ditambah bacaan dari para pakar yang menjadi referensi, karena sebagai guru tak setiap hari suka bicara tentang politik. Aktivitas rutin belajar-mengajar , berinteraksi dengan sesama guru di lingkungan yang terbatas, sekolah juga bebas politik. Dan kami hanya sesekali membicarakan politik yang ribet, itu pun karena menyangkut DPT di mana data saya juga ada di dalamnya.

Dengan mengetahui kasus ini mungkin saya bisa lebih berhati-hati, tapi bagaimana dengan mereka yang awam, dan bagaimana denganpenguasa parpol yang berniat jahat memanfaatkan DPT ini. Memang parpol sangat membutuhkan DPT ini, alasannya saja pastilah sangat krusial.

Mengetahui basis pemilih: DPT memuat data pemilih yang memenuhi persyaratan untuk memberikan suara. Partai politik bisa menggunakan DPT untuk menganalisis dan mengidentifikasi basis pemilih mereka di berbagai wilayah. Dengan demikian, partai dapat menyusun strategi kampanye yang lebih efektif untuk mencoba mendapatkan dukungan dari pemilih potensial.

Namun juga bisa berpeluang disalahgunakan untuk mendapatkan kemenangan dengan segala cara, karena politik memang sengit persaingannya.

Kampanye dan mobilisasi pemilih: DPT membantu partai politik dalam merencanakan kampanye dan upaya mobilisasi pemilih. Partai bisa menyasar pemilih potensial berdasarkan data demografis, geografis, dan sosial yang tercantum dalam DPT. Ini memungkinkan mereka untuk mengarahkan kampanye dan pesan politik dengan lebih efisien kepada kelompok pemilih yang diharapkan mendukung calon mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline