Lihat ke Halaman Asli

Riniawati

Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Tips Ketika Merasa Tidak Punya Sahabat

Diperbarui: 3 Maret 2023   12:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Bisamilahirahmanirahim

Apa kabarnya readers? Semoga kalian selalu dalam lindungan Allah SWT. Writer mau nanya nih pernah ga kalian ngerasa gak punya temen atau sahabat? Hayooo pasti pernah kan hehe 

Kali ini writer akan membagiakan tips agar kita tidak merasakan tidak memiliki seorang teman atau shabat. Sebelum writer membagi tipsnya menurut kalian makna dari sahabat itu apa? Kalau menurut writer sendiri sahabat merupakan spesies yang super langka, mengapa demikian karena sulit menemukan orang yang mau mendengarkan masalah yang tengah kita hadapi kebanyakan orang ketika kita sedang mengalami hal-hal yang tidak mengenakan justru mereka akan berkata "kamu mah enak cuma gitu doang nah Aku lebih parah dari kamu". 

Menurut writer ketika ada seseorang yang kita anggap sahabat tapi saat kita menceritakan hal yang kurang mengenakan yang kita rasakan alih-alih memberi motivasi malah justru mengadu nasib (merasa dirinya jauh lebih tidak beruntung) menurut writer orang yang demikian lebih baik dihindari sebab lama kelamaan akan membuat mental healthy kita tergangggu. Tapi readers juga jangan asal menjustifikasi kalau seseorang itu ga baik buat readers, nah sekarang writer agar berbagi tips bagaimana cara mengatasi perasaan ketika kita tidak memiliki teman atau sahabat yukk disimak hehe

Ketika kita merasa tidak punya teman, hal itu bisa sangat sulit dan membuat kita merasa sendirian. Namun, kita harus ingat bahwa kita tidak sendirian dalam perasaan ini. Setiap orang pasti pernah merasakan kesepian dan perasaan tidak memiliki teman. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu ketika merasa tidak punya teman:

Terima perasaan Anda: Sangat wajar merasa kesepian dan sedih ketika merasa tidak punya teman. Terimalah perasaan tersebut dan jangan berusaha untuk menekannya atau mengabaikannya.

Cari tahu mengapa Anda merasa kesepian: Cobalah untuk mengevaluasi mengapa Anda merasa tidak punya teman. Mungkin karena Anda pindah ke kota baru atau karena jadwal Anda yang padat sehingga sulit untuk bertemu dengan orang baru. Dengan mengetahui akar permasalahan, Anda dapat mencari solusi untuk mengatasinya.

Keluar dari zona nyaman: Cobalah untuk keluar dari zona nyaman Anda dan bergabung dengan kelompok atau komunitas yang memiliki minat atau hobi yang sama dengan Anda. Anda dapat mencari kegiatan di lingkungan sekitar, seperti olahraga, klub buku, atau kelas seni. Ini akan membantu Anda bertemu dengan orang-orang baru dan memperluas lingkaran sosial Anda.

Manfaatkan teknologi: Dalam era digital ini, teknologi dapat menjadi cara yang baik untuk bertemu dengan orang baru. Cobalah menggunakan aplikasi seperti Meetup, Bumble BFF, atau Friender untuk bertemu dengan orang-orang dengan minat yang sama seperti Anda. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan mengambil inisiatif dalam memulai percakapan. Namun ada hal yang perlu diingat ya, readers harus slektif dan hati-hati saat memilih temen di sosial media. 

Lakukan hal-hal postitf yang Anda nikmati: Terkadang, hal terbaik yang dapat Anda lakukan ketika merasa kesepian adalah melakukan hal-hal yang Anda nikmati. Cobalah mengejar hobi atau aktivitas yang Anda sukai, seperti membaca, menonton film, atau berolahraga. Ini akan membantu Anda merasa lebih baik dan dapat memperluas kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang baru dengan minat yang sama.

Ingatlah bahwa menemukan teman tidak selalu mudah dan dapat membutuhkan waktu. Tetaplah terbuka dan positif, dan jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan mengambil inisiatif dalam memulai percakapan. Jangan lupa untuk menjaga hubungan dengan orang-orang yang sudah ada di sekitar Anda, seperti keluarga dan teman sekolah atau kerja. Selalu ingat bahwa Anda tidak sendirian dan pasti akan menemukan teman yang tepat untuk Anda. Yang terakhir ingatlah bahwa kualitas lebih penting daripada kuantitas. Lebih baik memiliki beberapa teman yang benar-benar peduli pada Anda daripada banyak teman yang tidak terlalu memperhatikan Anda. Jangan terburu-buru dalam mencari teman, berikan waktu untuk membangun hubungan yang baik dan saling menghargai satu sama lain. Jangan biarkan kekurangan teman membuat Anda merasa putus asa. Jadilah pribadi yang positif dan terbuka pada kesempatan baru. Teruslah mencari dan Anda pasti akan menemukan teman yang tepat untuk Anda. Ingatlah bahwa Anda adalah pribadi yang berharga dan pantas untuk memiliki teman yang baik dan mendukung. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline