Lihat ke Halaman Asli

Rindy Ayu Anggraini

Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Pentingnya Digital Marketing untuk UMKM Indonesia

Diperbarui: 21 Mei 2023   21:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

UMKM yang menerapkan Digital Marketing/Dokpri

Kemajuan teknologi tidak bisa dihindari dalam kehidupan saat ini.  kemajuan Teknologi ini juga harus sangat dimanfaatkan oleh para Pelaku UMKM, khususnya UMKM Indonesia. Dengan kemajuan teknologi dan pengetahuan, setiap orang bisa menciptakan inovasi dan ide kreatif yang memudahkan pekerjaan mereka. Digital marketing merupakan pemasaran dengan menggunakan penerapan teknologi secara digital. Salah satu bentuk marketing digital dengan menggunakan media elektronik atau internet adalah internet marketing (e-marketing).   

Dengan adanya digital marketing, UMKM dapat mengembangkan bisnisnya lebih luas, yang sebelumnya hanya di satu daerah sekarang bisa satu indonesia bahkan sampai internasional. Manfaat pemasaran digital bagi UMKM yaitu usaha bisnis dapat terhubung dengan mudah kepada konsumen melalui online, konsumen bisa tertarget, biaya pemasaran lebih hemat, meningkatkan potensi daya jual dan dapat melayani konsumen secara real time.

Digital Marketing Platfrom

Platform yang dapat UMKM manfaatkan dalam digital marketing antara lain:

  • Media Sosial

umkm dapat mengunakan media sosial seperti instagram, facebook, youtube untuk mempromosikan produknya. banyak konsumen yang 

Manfaat Digital marketing bagi pelaku UMKM

  • jumlah penjualan dapat tertarget.
  • Hasil cepat terlihat sehingga pemasar dapat melakukan tindakan koreksi atau perubahan apabila dirasa ada yang tidak sesuai
  • biaya jauh lebih murah daripada pemasaran konvensional.
  • Jangkauan pemasaran lebih luas .
  • Dapat diakses kapanpun tidak terbatas waktu.
  • Hasil penjualan dapat diukur, misalnya jumlah pengunjung situs, jumlah konsumen yang melakukan pembelian online.
  • Bisa melakukan engagement atau meraih konsumen karena komunikasi terjadi secara langsung dan dua arah sehingga pelaku usaha membina relasi dan menumbuhkan kepercayaan konsumen.

tiktok.com/@indyyyyz




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline