Lihat ke Halaman Asli

Tim Jurnalis Sekolah: Bentuk Kerja Sama Mahasiswa Asistensi Mengajar UM dengan SMA Maarif Lawang guna Meningkatkan Eksistensi Sekolah

Diperbarui: 22 Juni 2024   12:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelantikan Jurnalis Sekolah SMA Maarif Lawang (Dok. pribadi)

Tepat pada hari Senin, 06 Mei 2024 Kepala Sekolah SMA Maarif Lawang melantik enam siswa pada pelantikan Tim Jurnalis yang telah dibimbing oleh Mahasiswa Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang. Program optimalisasi Tim Jurnalis Sekolah yang digaagas oleh tiga Mahasiswa Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang tersebut telah dilaksanakan selama empat bulan yang dimulai dari pembukaan pendafataran, seleksi wawancara, pendampingan dan diakhiri pelantikan.

Tujuan utama pembentukan Tim Jurnalis Sekolah ini adalah mengoptimalkan pelatihan siswa dalam bidang jurnalistik untuk bisa mengeksiskan SMA Maarif Lawang, tentu hal tersebut begitu penting melihat banyaknya sekolah lain di luar sana sehingga perlu adanya publikasi yang sebagaimana semestinya.

"Saya sangat berharap Tim Jurnalis Sekolah yang telah dibimbing oleh Bapak/Ibu Asistensi mengajar UM ini bisa berjalan dan bertahan untuk terus membangun citra sekolah di seluruh kalangan masyarakat" Ujar Kepala Sekolah SMA Maarif Lawang Ibu Khomariyah S,Pd, Senin (6/05/2024)

Kegiatan ini berawal dari hasil pengamatan mahasiswa terhadap majalah dinding di sekolah yang pemanfaatnya tidak optimal, selain itu juga melihat tidak adanya wadah untuk memublikasikan potensi sekolah yang sebenarnya patut disebarluaskan.

Setelah melewati beberapa proses dari pengajuan program kerja kepada pihak sekolah sampai tahap sekolahan semua berjalan lancar dan disambut hangat oleh sekolah. Adapun materi pembeakalan yang diberikan kepada siswa yaitu di bidang fotografi serta penulisan dan editing karya jurnalistik.

Pembekalan Tim Jurnalis Sekolah SMA Maarif Lawang oleh Mahassiswa AM Universitas Negeri Malang (Dok. pribadi)

Pembekalan telah dilaksanakan oleh tiga mahasiswa Asistensi Memgajar yaitu Akira Dwantara, El Syifa dan Rindra Afrizqi yang merupakan mahasiswa Asistensi Mengajar Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah Universitas Negeri Malang. Sehingga sejalan dengan berbagai teori yang telah dipelajari di kampus mahasiswa mampu membagikan materi jurnalistik lewat pembekalan kepada siswa.

"Tentu harapannya tim jurnalis SMA Maarif Lawang mampu menerapkan ilmu yang telah dipelajari dan bisa terus berkarya untuk eksistensi sekolah dan melatih kemampuan jurnlais yang pasti berguna untuk masa depan" Ujar El Syifa salah satu mahasiswa yang menggagas oembentukan Tim Jurnalis, Senin (6/05/2024)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline