Lihat ke Halaman Asli

Peminat PGSD Setara dengan Kedokteran

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

PGSD, anda pasti pernah mendengar kata-kata tersebut. PGSD atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar yaitu jurusan yang pencetak guru-guru SD di Indonesia yang sekarang menjadi fenomena. Saat Ujian Masuk Perguruan Tinggi 4 tahun belakangana ini, PGSD yang dulunya menjadi jurusan yang kurang diminati dan dianggap menjadi guru SD adalah profesi yang tidak bergengsi sudah tertanam dibenak masyarakat, bahwa PGSD nantinya menjadi guru SD yang setiap harinya berkutat dengan anak-anak usia 7-12 tahun yang nakal dan susah diatur. Guru SD yang gajinya sedikit, guru SD yang harus berurusan dengan semua tetek bengek sekolah yang menyebalkan.

Tetapi belakangan ini keadaan seakan berbalik. Jurusan PGSD kini menjadi salah satu jurusan yang paling diminati. Hal yang kontras sangat terlihat dimana jumlah peminat untuk masuk jurusan PGSD di beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta sangat tinggi. Pendaftar PGSD mengalahkan pendaftar dari jurusan favorit lain. Beberapa pendapat yang mungkin menjadi alasan untuk masuk jurusan PGSD diantaranya yaitu,

1.cita-cita mejadi seorang guru SD.

2.prospek kerja yang menjanjikan setelah lulus.

3.kesejahteraan guru yang semakin baik.

4.tunjangan profesi guru yang lumayan besar.

5.isu pensiun guru SD masal di Indonesia.

6.selain bekerja guru juga beramal dengan mendidik siswa (dunia akhirat)

Dari sekian banyak alasan untuk masuk jurusan PGSD, yang terpenting dari semua alasan untuk menjadi seorang guru SD adalah untuk memajukan pendidikan di Indonesia dan membentuk kepribadian anak yang baik serta ikhlas dalam mengabdikan diri demi kemajuan anak. Semoga pendidikan di negeri kita tercinta ini semakin baik dan perguruan tinggi sebagai pencetak guru di Indonesia dapat mencetak guru-guru yang berkualitas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline