Lihat ke Halaman Asli

Rina Zulvia

Mahasiswa

Pekan Kebudayaan Nasional, FITK UIN Jakarta 2023: Mengenal Danarto dan Karya-karya Sastranya

Diperbarui: 30 Oktober 2023   06:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Biografi Danarto

Danarto adalah seorang penulis dan pelukis terkemuka di Indonesia. Danarto lahir pada tanggal 27 Juni 1941 di Sragen, Jawa Tengah. Ayahnya bernama Jakio Harjodinomo, seorang mandor pabrik gula. Ibunya bernama Siti Aminah, seorang pedagang batik di pasar.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar, ia melanjutkan pendidikan menengah. Pada tahun 1958-1961, beliau belajar di Akademi Seni Rupa Indonesia Yogyakarta, mengambil jurusan seni lukis.

Pada tahun 1976, ia berpartisipasi dalam lokakarya Program Penulisan di Iowa City, di Amerika Serikat, dengan penulis dari 22 negara. Ia memang berbakat dalam bidang seni. Pada tahun 1958 -1962 ia membantu majalah anak-anak Si Kuncung yang menampilkan cerita anak sekolah dasar. Ia menghiasi cerita itu dengan berbagai variasi gambar. Selain itu, ia juga membuat karya seni rupa, seperi relief, mozaik, patung, dan mural .

Danarto adalah seorang penulis dan sastrawan Indonesia yang terbilang cukup senior. Salah satu karyanya yang terkenal adalah kumpulan cerpen, Godlob. Kumpulan cerpennya yang lain seperti Adam Ma'rifat yang memenangkan Hadiah Sastra 1982 Dewan Kesenian Jakarta. Tahun 2009 Danarto menerima Ahmad Bakrie Award untuk bidang kesusasteraan.

kebudayaan.kemendikbud.go.id

Danarto wafat pada usia 77 tahun (27 Juni 1940-10 April 2018) dan akan dimakamkan di Sragen, Jawa Tengah

Taman Bacaan Danarto

Taman Bacaan Danarto adalah kumpulan semua karya yang berupa cerpen, puisi, lukisan, dan drama, serta arsip-arsip. Selain karya karya tersebut, di taman bacaan Danarto terdapat Buku-buku yang dipajang yang menjadi rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional 2023.

Komunitas Danarto DKK bekerja sama dengan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) merawat warisan Danarto dengan melaksanakan pelatihan inventarisasi digital koleksi komunitas dan membuka Taman Bacaan Danarto.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline