Lihat ke Halaman Asli

rina widyastuti

Forester Indonesia

KTH Hidayah Agung Lestari

Diperbarui: 3 November 2023   03:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kelompok Tani Hutan (KTH) Hidayah Agung Lestari merupakan salah satu KTH binaan KPH Way Terusan yang berada di Dusun 10 c Mekar Agung Kampung Mataram Udik, Kecamatan Bandar Mataram, Kabupaten Lampung Tengah. KTH Hidayah Agung Lestari ini dibentuk pada tahun 2017. Batas-batas wilayah areal kerja sebagai berikut:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan SP3 Way Terusan
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Umbul Sekering Bawah
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Umbul Harapan Jaya/ SP4
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Sungai Way Terusan

KTH Hidayah Agung Lestari memiliki luas areal kelola 64,188 Ha terdiri dari 51 orang anggota.  Areal kelola KTH mayoritas adalah lahan basah dengan persentase 70 % dan 30 % berupa lahan kering.  Iklim wilayah kecamatan Bandar Mataram termasuk tipe iklim C2, yang mempunyai bulan basah 5 sampai 6 bulan dan bulan kering antara 2 sampai 3 bulan dengan curah hujan selama 10 tahun terakhir adalah 2390,2 mm/tahun dan temperatur antara 26 s/d 28C.

Pembentukan KTH Hidayah Agung Lestari dilakukan sebagai langkah untuk mendukung pembinaan dan pengelolaan kawasan produksi.Kegiatan pemberdayaan masyarakat di sekitar hutan diharapkan dapat menunjang upaya peningkatan kesejahteraan dan mutu kehidupan masyarakat yang ada di dalam kawasan hutan. Salah satu tujuan KPH untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar hutan dan mengurangi tekanan terhadap kawasan adalah melalui program pemberdayaan masyarakat.

Bentuk kegiatan pemberdayaan di KTH Hidayah Agung Lestari dilakukan melalui pembentukan KUPS dengan hasil produk beras kemasan. Potensi padi di Umbul Mekar Agung tersebut cukup melimpah dan didukung ketersediaan sumber daya manusianya yang mumpuni. Produk beras kemasan dari KTH Hidayah Agung Lestari diberi nama Beras Unggul.

Produk Beras Unggul yang merupakan produk yang dapat menjadi peluang yang bagus jika KTH mampu mengolah produk beras ini secara kontinue dan mempertahankan kualitas sehingga produk tersebut dapat diterima konsumen yang selanjutnya akan berdampak pada kemudahan pemasaran, sehingga tujuan untuk dapat menjadi produk unggulan di Register 47 terwujud.

Pengembangan usaha beras yang dilakukan oleh KTH Hidayah Agung Lestari direspon baik oleh masyarakat sekitar. Banyak hal yang perlu di lakukan kelompok dalam meningkatkan kualitas untuk menaikkan nilai jual produk. Pemasaran produk KTH sudah mulai menitipkan produk ke warung, toko dan pasar terdekat di wilayah Register 47 Way Teruusan. KTH Hidayah Agung Lestari berharap ke depan dapat memiliki rumah produksi sendiri sehingga produk yang dihasilkan bisa dalam jumlah besar sehingga akan dapat memenuhi permintaan pasar dalam jumlah lebih besar lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline