Lihat ke Halaman Asli

Rina Puspita

Mahasiswa

Es Krim Kunyit, KKN Gresik 2 Unesa Melakukan Sosialisasi Pembuatan Inovasi Produk Olahan Kunyit

Diperbarui: 25 Desember 2022   10:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Es Krim Kunyit, KKN Gresik 2 Unesa Melakukan Sosialisasi Pembuatan Inovasi Produk Olahan Kunyit

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan yang dilaksanakan  sebagai salah satu upaya perwujudan  Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pengabdian kepada masyarakat. KKN bertujuan untuk memberikan pengalaman, pengabdian, meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta potensi di suatu daerah tertentu. Dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T), mahasiswa dituntut untuk membuat suatu inovasi serta problem solving terkait identifikasi potensi dan masalah yang ada dalam  pengabdiannya di tengah – tengah masyarakat guna mengembangkan daerah tersebut.

Dalam kesempatan kali ini KKN dilaksanakan di desa Ngepung. Desa Ngepung adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Desa Ngepung memiliki 3 dusun diantaranya Dusun Balekambang, Dusun Ngepung dan Dusun Doro. Penduduk Desa Ngepung kebanyakan bermata pencaharian sebagai petani, usaha mikro kecil maupun menengah, pedagang, dan pekerja perkebunan.

Es Krim Kunyit, KKN Gresik 2 Unesa Melakukan Sosialisasi Pembuatan Inovasi Produk Olahan Kunyit

Desa ini memiliki berbagai macam sumberdaya alam seperti kunyit. Sehingga kelompok KKN melakukan suatu inovasi produk olahan kunyit yang berupa es krim.

Es krim merupakan produk makanan beku dari campuran bahan     hasil olahan susu, pemanis, pengemulsi (pengembang), penstabil dan perisa makanan melalui proses pembekuan. Umumnya es krim dihidangkan sebagai dessert (makanan penutup). Hidangan es krim digemari oleh berbagai kalangan karena rasa yang lezat dan menyegarkan serta teksturnya yang lembut. Es krim merupakan makanan dengan tekstur semi padat dan memiliki kandungan gizi. Oleh karena itu, cocok untuk dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia. Namun pada kenyataannya tidak semua orang menyukai aroma susu sapi segar sehingga sangat tepat apabila es krim ditambahkan perisa lain seperti coklat, vanilla, strawberry, dan lain-lain agar bisa diminati oleh semua kalangan.

Sangat jarang sekali ditemukan pembuatan es krim yang menggunakan bahan-bahan herbal atau alami. Karena nilai tambah dan keunikan produk eskrim kunyit, maka ini adalah alternatif yang tepat untuk membuat trobosan. Agar bahan alam herbal tidak hanya dikonsumsi oleh kalangan orang tua, namun anak anak bahkan remaja pun akan lebih tertarik untuk mencobanya. Kunyit sendiri memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan. Kunyit mengandung zat Curcuminoid, zat anti oksidan yang efektif membantu menjaga kecantikan serta menghaluskan kulit, mengurangi bau badan, menjaga tubuh tetap ramping dan memperlancar haid. Seiring meningkatnya kesadaran kesehatan pada masyarakat saat ini untuk menerapkan pola hidup sehat mengakibatkan konsumen tidak hanya menggemari makanan dari segi rasa saja, namun juga memiliki fungsi fisiologis tertentu bagi tubuh. Salah satunya adalah inovasi pengembangan es krim dari kunyit. Sehingga kelompok KKN Gresik 2 melakukan Sosialisasi pembutan inovasi produuk olahan kunyit yang berupa es krim kunyit.

Kegiatan ini dilakukan oleh tim KKN Gresik 2 Universitas Negeri Surabaya pada Rabu, 30 November 2022. Tempat pelaksanaannya yaitu di Balai Desa Ngepung. Pelatihan ini menghadirkan ibu-ibu PKK dan mahasiswa KKN. Tujuan dari kegiatan ini yaitu Meningkatkan pengetahuan mengenai produk inovasi berbahan dasar  kunyit dan dapat menjadi inovasi baru mengenai olahan kunyit berupa es krim kunyit yang bisa dijadikan sebagai ide dalam menciptakan usaha untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Ngepung.

Agar dapat terlaksana dengan baik, kegiaran memerlukan persiapan dengan melakukan percobaan untuk menghasilkan es krim kunyit yang berkualitas dan dapat diminati semua kalangan. Selanjutnya yaitu pembuatan desain logo dan kemasan produk inovasi olahan kunyit identitas dari produk inovasi kelompok KKN Gresik 2 dan dapat menarik minat konsumen. Setelah itu membuat modul produk olahan kunyit  yang mempermudah ibu PKK untuk mengetahui proses pembuatan es krim kunyit.

kegiatan pelatihan yang diberikan pada Kegiatan sosialisasi kepada ibu-ibu PKK yaitu dengan pemberian materi oleh tim KKN Gresik 2 dilanjutkan dengan pemutaran video tutorial pembuatan produk olahan kunyit. Selanjutnya, dilakukan praktik pembuatan produk olahan kunyit dilaksanakan oleh ibu-ibu PKK dipandu tim KKN Gresik 2. Output yang dihasilkan yaitu masyarakat mendapatkan ilmu baru terkait pembuatan inovasi produk olahan kunyit yaitu es krim kunyit.

Praktik Pembuatan Es Krim Kunyit

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline