Lihat ke Halaman Asli

Rina Mahfudoh

mahasiswa

Perkembangan Metode Just in Time Saat Ini

Diperbarui: 5 November 2022   09:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENDAHULUAN
Persaingan semakin ketat setiap tahun pada saat ini. Setiap perusahaan di sektor industri saat ini menghadapi persaingan yang semakin ketat untuk mencapai perusahaan. Untuk mempertahankan eksistensinya dan tetap kompetitif di pasar global, setiap bisnis melakukan segala upaya untuk mengembangkan perusahaan lain yang mirip dengan miliknya. Dalam hal ini, bisnis harus dapat menjaga dan meningkatkan proses produksi agar tidak menghalangi implementasi.
Perusahaan tidak hanya menekankan pada bagaimana produk dapat dibuat tetapi juga pada bagaimana menjaga agar persediaan bahan baku selalu up to date pada setiap langkah produksi. Selain itu, perusahaan harus dapat mengelola masalah persediaan bahan baku secara efektif. Karena jika perusahaan tidak memiliki bahan baku yang cukup maka proses produksi akan terhambat sehingga menyebabkan pelanggan tidak puas. memastikan bahwa tidak ada bahan baku yang terbuang, perencanaan persediaan yang efektif dan pengendalian kualitas diperlukan.

Just In Time Jepang, atau sistem produksi tepat waktu, adalah pendekatan baru dalam manufaktur. Pada setiap tahap produksi perusahaan, bahan baku dan suku cadang dibeli dan diproduksi sebanyak yang diperlukan pada waktu yang tepat di bawah konsep Just In Time .Just In Time, atau JIT, adalah upaya tanpa henti untuk menghilangkan semua pemborosan. Segala sesuatu yang tidak menambah nilai pada produk perusahaan dianggap pemborosan. Prosedur pembuatan perlu ditingkatkan untuk metode ini, terutama dalam hal penanganan persiapan yang perlu dibeli dan disiapkan dengan tepat. Hasilnya, Just In Time mengurangi pemborosan, yang penting bagi kemampuan bisnis untuk bersaing di pasar global saat ini.

Perusahaan dari seluruh dunia dapat menggunakan konsep Just In Time untuk keuntungan mereka. Akibatnya, bisnis Indonesia juga mulai menerapkan sistem Just In Time. Anak perusahaan Toyota di Indonesia adalah salah satunya. Setelah itu, penyedia layanan menjadi tertarik untuk mengadopsi sistem Just In Time dan sistem tersebut mulai merambah ke bisnis industri lainnya.

Perusahaan yang menyediakan jasa antara lain: furniture, kafe, restoran cepat saji, dan tempat usaha lainnya Penerapan sistem Just In Time di Indonesia melalui proses yang berbeda untuk masing-masing perusahaan, tetapi masih dapat memiliki manfaat yang besar dan beragam. Kemampuan bisnis Jepang untuk menjalin hubungan positif dengan pemasok mereka adalah salah satu alasan mengapa mereka dapat menerapkan sistem tersebut. Mereka dapat menjalin hubungan jangka panjang dengan pemasok mereka. Tentu saja, perusahaan sangat diuntungkan dari hubungan ini.
PEMBAHASAN
Pada tahun 1973, Toyota Motor Corporation mengembangkan Just in Time. Dengan menghilangkan pemborosan, ini bertujuan untuk memangkas biaya atau meningkatkan produktivitas. Manufaktur JIT, juga dikenal sebagai produk tanpa stok, merupakan kemajuan signifikan dalam perencanaan dan pengendalian operasional saat ini. JIT lebih dari sekedar cara untuk mengurangi persediaan. Selain itu, JIT memperhatikan seluruh sistem produksi untuk memastikan bahwa komponen tanpa cacat dikirim ke tingkat produksi berikutnya tepat pada saat dibutuhkan, tidak terlalu terlambat atau terlalu cepat.
Penerapan Just In Time perlu mempertimbangkan sejumlah faktor, antara lain sebagai berikut:
1. Aliran Material yang lancar
Menyederhanakan pola aliran material untuk kelancaran aliran material.Akibatnya, jalur produksi harus benar-benar terorganisir.Selain itu, memerlukan akses langsung ke departemen penerimaan dan pengiriman.Tujuannya adalah untuk membangun aliran material yang berkelanjutan dari departemen penerimaan ke setiap tingkat produksi yang berhubungan langsung dengan departemen pengiriman. Objek apa pun yang menghalangi aliran adalah target yang memerlukan penyelidikan dan penghapusan.

2. Pengurangan waktu set-up
Sesuai dengan JIT, waktu setup mesin bervariasi antara beberapa jam dan beberapa jam di sejumlah divisi produksi yang berbeda. Dalam sistem JIT, ini tidak ditoleransi. Banyak bisnis telah mengurangi waktu setup secara dramatis, kadang-kadang dari empat menjadi tujuh jam menjadi tiga hingga tujuh menit. Karena itu, perusahaan dapat mengurangi ukuran batch menjadi jumlah yang sangat kecil, sehingga sangat mudah beradaptasi dan responsif terhadap permintaan pelanggan yang berubah-ubah.

3. Pengurangan lead time vendor
Daripada membeli pengiriman komponen dalam jumlah besar setiap dua atau tiga bulan, kami ingin menggunakan sistem JIT untuk menerima komponen secara tepat ketika operasi produksi membutuhkannya. Akibatnya, untuk mendapatkan kondisi ini, bisnis mungkin diperlukan untuk masuk ke dalam kontrak panjang dengan vendor.

4. Komponen zero defect
Sistem JIT tidak dapat mentolerir komponen yang cacat, terlepas dari apakah mereka dibeli atau diproduksi. Untuk memastikan bahwa semua proses memproses komponen yang diproduksi dalam toleransi setiap saat, metode kontrol statistik harus digunakan. Vendor harus menjamin bahwa semua produk mereka telah diproduksi dalam sistem produksi yang dikontrol secara statistik untuk komponen yang dibeli. Untuk menjamin hal ini dilakukan, perusahaan selalu memiliki program sertifikasi vendor.

5. Kontrol lantai produksi yang disiplin
Dalam sistem pemantauan lantai produksi tradisional, utilitas mesin dan waktu produksi yang lama diberi banyak perhatian. Faktor-faktor ini dapat membantu mengurangi biaya setup dan waktu tenaga kerja. Akibatnya, aspek-aspek ini diperhitungkan saat mengeluarkan pesanan produksi. Di JIT, perhitungan kinerja konvensional ini memberikan kontribusi yang signifikan untuk mengurangi persediaan dan menghilangkan hambatan untuk operasi yang responsif. ini, waktu awal yang tepat dari pelepasan pesanan harus dilakukan setiap kali. Ini juga menunjukkan bahwa mesin dan operator mesin kadang-kadang menganggur. Sulit bagi banyak manajer produksi, yang telah menghabiskan sebagian besar waktu mereka menjaga pekerja dan mesin sibuk, untuk membuat penyesuaian yang diperlukan untuk menggunakan operasi JIT secara efektif. Filosofi JIT akan sangat bermanfaat bagi bisnis yang telah berhasil menerapkannya.

Perusahaan mencari cara untuk merampingkan operasi bisnis mereka dan mengumpulkan data yang lebih akurat untuk tujuan pengambilan keputusan dalam menanggapi kenaikan biaya, penurunan laba, dan meningkatnya persaingan. Akibatnya, konsep Just In Time (JIT) yang hanya menghasilkan ketika permintaan terpenuhi, muncul.
Prinsip dasar JIT adalah mengurangi pemborosan untuk terus meningkatkan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan. Sistem JIT terdiri dari empat komponen utama :
1. Singkirkan segala sesuatu yang tidak menambah nilai produk.
2. Dedikasi untuk kualitas tinggi.
3. Dalam rangka meningkatkan produktivitas, dorong perbaikan berkelanjutan.
4. Menekankan penyederhanaan aktivitas yang menambah nilai dan meningkatkan visibilitas.
Istilah "Pembelian JIT" mengacu pada metode pembelian yang memastikan pengiriman barang tepat waktu. Pembelian JIT mengharuskan proses atau individu yang memproduksi unit yang cacat dikirim untuk menunggu pengerjaan ulang atau dibatalkan. Produksi JIT adalah metode di mana setiap bagian dari lini produksi dibuat segera setelah dibutuhkan untuk langkah selanjutnya. Untuk memastikan tidak ada persediaan, usaha harus memproduksi barang sesuai dengan jumlah pesanan.
KESIMPULAN
Dalam sistem JIT, bisnis harus meningkatkan kualitasnya agar dapat bersaing. Karena perusahaan harus fokus pada kualitas produk. Di JIT, barang harus dikirim tepat waktu, sesuai dengan jumlah pesanan, dan berkualitas tinggi. karena berpotensi merusak kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan produksi. Jika pelanggan puas, ia akan sering melakukan pemesanan terhadap perusahaan produksi; sebaliknya, jika dia tidak puas, pelanggan akan memilih perusahaan produksi yang berbeda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline