Disusun Oleh:
Rinaldy Alidin, Mhd. Ayub Kodri, Yunisma Aldayana, Safira Azzahra Hsb, Nurul Amira
Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Salah satu cara menilai keefektifan pendidikan di ruangan kelas tergantung pada keahlian ataupun kepemimpinan seorang guru. Suatu sekolah akan terlihat bagus oleh masyarakat apabila seorang guru memiliki kepemimpinan yang baik dalam memimpin kelasnya. Seorang guru sangat perlu dalam memiliki sifat kepemimpinan guru dalam memimpin kelasnya, sifat kepemimpinan ini bisa didapatkan dengan cara mempelajarinya, mengikuti kegiatan workshop ataupun saling bertukar pikiran satu dengan yang lainnya sesama ruang lingkup guru. Suatu sekolah juga dapat membentuk gurunya agar memiliki kepemimpinan guru yang baik dan profesional, hal ini dapat dilaksanakan dengan membuat acara seminar dan workshop bagi guru-guru disekolah yang ada. Suatu sekolah dapat mendukung pertumbuhan kepemimpinan guru melalui tiga hal berikut: kepala sekolah ataupun seorang pemimpin suatu sekolah harus memiliki suatu keinginan untuk mendukung dan memberi dukungan terhadap staff-staff sekolah di sekolahnya, staff yang berada di suatu sekolah juga harus memiliki sifat saling menghargai dari keahlian kepemimpinan seorang guru dan mengembangkannya secara bersama, selanjutnya guru yang ingin tumbuh secara profesional dan berkontribusi dalam kepemimpinan harus terlibat dalam tindakan kepemimpinan baik dari suatu workshop, seminar ataupun saling sharing diantara sesama staff-staff guru yang terdapat pada suatu sekolah.
Kepemimpinan merupakan suatu kegiatan dalam membimbing suatu kelompok sedemikian rupa sehingga tercapai tujuan dari kelompok itu yaitu tujuan bersama. (Atmodiwiro, 2005:23). Kepemimpinan adalah tindakan atau perbuatan yang dilakukan seseorang/kelompok yang menyebabkan seseorang lainnya ataupun kelompok tersebut mengikuti suatu tujuan yang dituju. Kepemimpinan merupakan suatu perilaku seorang pimpinan dalam mempengaruhi individu atau kelompok orang yang dapat berlangsung dimana saja. Sebagai seorang guru juga harus memiliki jiwa kepemimpinan guru. Guru-guru adalah pemimpin pendidikan yang mempengaruhi para murid-murid untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan pengajaran. Guru merupakan suatu komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Guru ataupun wali kelas juga dapat mewujudkan suatu prestasi dari siswa/i nya yang terdapat dikelas yang dipimpinnya. Untuk memperbaiki kualitas suatu pendidikan berpangkal dari guru dan berujung pada guru tersebut. Untuk mengukur prestasi siswa-siswi yang terdapat di dalam kelas juga dapat diukur dari kepemimpinan seorang guru yang dimiliki. Guru ataupun wali kelas merupakan suatu komponen yang penting dalam mengembangkan prestasi siswanya. Salah satu cara seorang guru untuk mengembangkan prestasi muridnya ialah dengan cara guru ataupun wali kelas mengenali bakat dan minat murid tersebut, untuk mengenali bakat dan minat wali kelas ataupun guru tersebut dapat melakukan cara dengan mendekati siswa-siswi tersebut. Setelah cara itu terrealisasikan maka guru ataupun wali kelas dapat mengembangkan prestasi dari murid yang ada dikelasnya.
RUMUSAN MASALAH
1. Apa saja prestasi peserta didik yang dapat dijadikan sebagai keberhasilan kepemimpinan guru ?
2. Bagaimana cara menggembangkan prestasi peserta didik ?
TUJUAN PENELITIAN