Lihat ke Halaman Asli

Rinaldi Syahputra Rambe

Pustakawan Perpustakaan Bank Indonesia Sibolga

Paradoks Pendidikan: Tidak Menjamin Integritas dalam Praktiknya

Diperbarui: 5 Juli 2023   15:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi pendidikan karakter. Foto : Stokpic on pixabay

Perilaku menyimpang yang semakin marak akhir-akhir ini sangat memuakkan kita semua. Pelbagai penyimpangan yang terjadi secara nyata begitu menyayat hati, memekakan telinga, dan menyakitkan mata. Apa yang terjadi adalah para pelaku penyimpangan justru melibatkan individu-individu yang berpendidikan.

Pendidikan, yang seharusnya menjadi fondasi utama dalam membentuk karakter yang baik, telah menjadi paradoks dalam praktiknya. Semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin diharapkan perilaku yang baik, namun kenyataannya sangat bertolak belakang dengan apa yang terjadi saat ini.

Kasus korupsi melibatkan profesor, kasus bullying siswa yang melibatkan guru, kasus pencabulan santri yang melibatkan ustadz, dan berbagai perilaku buruk lainnya yang melibatkan individu-individu yang terdidik menjadi bukti nyata betapa rendahnya tingkat integrasi ilmu dan etika  dalam kehidupan nyata.

Di sisi lain, fenomena ini bukan hal yang baru. Penyimpangan integrasi ilmu pengetahuan sudah terjadi sejak lama, lazim disebut dengan kaum "sofis". Istilah "sofis" mengacu pada individu berpendidikan tinggi yang menjual ilmu dan keahliannya demi keuntungan pribadi, baik itu berupa materi maupun kekuasaan.

Meskipun pada awalnya istilah "sofis" merujuk pada para cendikiawan yang memiliki pengetahuan tentang filsafat dan ilmu lainnya, fenomena kaum sofis sebenarnya sudah ada sejak abad ke-5 SM. Selain kaum sofis, perilaku serupa juga dapat ditemui dalam cerita-cerita kuno, seperti pada zaman Fir'aun, di mana fenomena semacam ini juga diceritakan. Salah satu kisah yang terkenal adalah kisah Haman sebagai penasihat kerajaan Fir'aun. Dia digambarkan sebagai orang pintar yang memberikan nasihat kepada penguasa yang zalim (Fir'aun).

Hal ini menunjukkan bahwa paradoks integrasi ilmu dalam kehidupan telah lama terjadi. Orang yang memiliki pengetahuan yang baik belum tentu memiliki perilaku yang baik.

Pendidikan seharusnya menjadi sarana untuk membentuk individu yang memiliki integritas tinggi, namun kenyataannya kita masih dihadapkan pada kasus-kasus penyimpangan yang melibatkan orang-orang berpendidikan.

Acemoglu dan Robinson dalam bukunya, "Why Nations Fail: The Origins of Power, Prosperity, and Poverty," menjelaskan bahwa ada hasrat para pemimpin untuk membatasi kemajuan suatu daerah demi mendapatkan legitimasi kekuasaan yang lebih lama. Para pemimpin ini seringkali adalah individu terdidik yang berkuasa di daerah tersebut.

Di berbagai wilayah di Indonesia, terutama daerah-daerah tertinggal, seringkali kita menyaksikan perilaku seperti ini. Individu-individu yang seharusnya menjadi garda depan dalam pembangunan dan perubahan malah terjerat dalam ambisi pribadi seperti korupsi, kolusi, nepotisme dan menggunakan wewenang dengan sewenang-wenang.

Otonomi daerah tidak serta merta menjamin kemajuan. Dalam praktiknya menjadikan penguasa lokal yang berkuasa lupa diri. Membentuk dinasti baru yang kerap kali menjadi akar masalah pembangunan suatu daerah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline